Rabu 19 May 2021 12:05 WIB

Catatan Buat Mereka yang tak Peduli Nasib Rakyat Palestina

Ada narasi untuk abai terhadap nasib rakyat Palestina yang dijajah Israel.

Orang-orang di Barat saja peduli terhadap nasib Palestina. Tampak pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) dan Amad (kanan) mengibarkan bendera Palestina ketika menyapa suporter setelah pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan Fulham FC di Manchester, Inggris, 18 Mei 2021.
Foto:

Oleh : Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum MUI

Dan, karena kepedulian kita, negeri kita pun ketika mengalami kesulitan juga telah dibantu oleh negara-negara lain di dunia. Contohnya ketika negara kita dilanda musibah saat tsunami di Aceh pada 2004. 

Waktu itu kita lihat bagaimana negara-negara lain di dunia sibuk membawa bermacam-macam bantuan untuk menolong dan membantu rakyat kita. Ya, demikianlah natural dan alamiahnya hidup dan kehidupan manusia, termasuk dalam kehidupan antarbangsa.  

Oleh karena itu, kalau ada orang yang menganjurkan agar kita tidak perlu peduli terhadap nasib rakyat Palestina yang dijajah dan dibantai oleh Israel secara semena-mena, pandangan yang seperti itu jelas-jelas tidak sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia, Pancasila, terutama sila kedua, yaitu sila kemanusiaan yang adil dan beradab. 

Dan juga pandangan yang seperti itu, menurut saya, menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak paham dan tidak mengerti dengan baik amanat yang ada dalam konstitusi negara kita, terutama yang terkait dengan alinea pertama yang terdapat dalam mukadimah atau pembukaan UUD 1945. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement