Senin 10 May 2021 21:28 WIB

Ngabuburit PDIP: Hidup Rukun Jati Diri Bangsa Indonesia

Walisongo dan Bung Karno mengingatkan pesan hidup rukun jadi diri bangsa.

Akademisi lulusan Harvard University yang juga pengurus Muhammadiyah Surakarta, Sukidi.
Foto:

Sebagai sebuah bangsa yang mempunyai kepribadian hidup rukun dan damai, sudah seharusnya masyarakat bertahan sebagai bangsa yang melawan perpecahan. Ini bisa dimulai dengan melawan berita palsu. Dan seharusnya mempunyai sikap tenggang rasa terhadap kelompok yang berbeda.   

Sukidi mengatakan jangan sampai kita menghancurkan apa yang sudah ada, yakni nilai-nilai yang ditegakkan Founding Father. 

“Jangan sampai ajaran islam damai yang diajarkan ke bumi Nusantara ini oleh para Walisongo kita hancurkan hanya demi kepentingan dan nafsu dunia semata. Kita sebagai bangsa yang berkribadian harus menghilangkan sekat-sekat primodial yang tidak menyatukan rasa nasionalisme bersama,” ulas Sukidi.

“Kita adalah satu sebagai bangsa Indonesia, kita harus bahu-membahu gotong royong untuk menjaga bangsa Indonesia, satu sebagai sebuah bangsa, satu sebagai sebuah cita-cita keadilan bersama, maka salah satu tindakan yang penting adlah hidup rukun antar umat beragama dan saling toleransi kepada mereka yang berbeda,” pungkas Sukidi 

 

Program Ngabuburit BKNP PDIP dengan tema besar ‘Mata Air Kearifan Walisongo’ hadir setiap hari pada bulan Ramadhan pukul 17.00 WIB. Sementara sebelum sahur, ditampilkan program sejenis juga. Semuanya dapat diikuti melalui kanal Youtube: BKNP PDI Perjuangan, Instagram: BKNPusat dan Facebook: Badan Kebudayaan Nasional Pusat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement