Kamis 15 Apr 2021 13:59 WIB

Proyeksi Pemulihan Sektor Penerbangan Menuju Normal Baru

Industri penerbangan merupakan sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. 

Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja mengatakan, industri penerbangan merupakan sektor yang paling terdampak akibat pandemi virus Covid-19.
Foto:

Karenanya, kata Denon, melalui INACA White Paper ini, disamping memberikan gambaran sekaligus langkah yang tepat untuk membangkitkan kembali sektor penerbangan, pihaknya juga memberikan informasi terkait aspek-aspek kekuatan dan peluang apa saja yang mampu menjadi pendorong pertumbuhan dan pemulihan industri.

"Kajian ini nantinya diharapkan dapat membantu para pengambil keputusan, pemerintah dan maskapai penerbangan, serta para stakeholder penerbangan lainnya, dalam menyusun berbagai strategi dan intervensi untuk memulihkan sektor penerbangan selama dan pasca pandemi Covid-19," katanya. 

Hasil Kajian

Sedangkan Tim Riset INACA White Paper, yang juga Pakar dan Peneliti Hukum Penerbangan dan Pembiayaan Pesawat Udara Unpad, Prita Amalia menjelaskan, bahwa untuk merumuskan INACA White Paper pihak telah melakukan sejumlah kajian untuk proyeksi pemulihan sektor penerbangan. Di antaranya, melalui aspek kesehatan terkait pengaturan vaksin dan pendistribusiannya, lalu aspek stimulus ekonomi terkait dukungan Pemerintah untuk sektor transportasi udara dan asepek yang terakhir dari aspek kebijakan yang hal ini terkait regulasi pembatasan pergerakan orang dan regulasi yang berkaitan dengan kapasitas penerbangan.

"Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, pemulihan sektor penerbangan diprediksi akan mulai membaik pada awal tahun 2022 untuk penerbangan domestik dan akhir tahun 2023 untuk penerbangan internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan dukungan Pemerintah dalam bentuk kebijakan dan regulasi sebagai strategi pemulihan sektor penerbangan, seperti bantuan fiskal untuk pengurangan beban operasional," katanya.

Prita juga menegaskan, bahwa bangkitnya sektor transportasi di Indonesia merupakan tanda bangkitnya perekonomian Indonesia. Karenanya, Vaksinasi merupakan game changer pemulihan sektor penerbagan di Indonesia, sehingga diperlukan adanya kebijakan atau regulasi untuk mengakselerasi program vaksinasi sehingga herd immunity masyarakat bisa segera terbentuk dan terciptanya aktifitas masyarakat yang juga dapat mendukung sektor penerbangan.

 

Pada kegiatan Webinar yang bertema 'Aviation Recovery Projections' ini juga dihadiri oleh para bicara serta penanggap diantara, Ketua Pembina INACA, Irfan Setiaputra; Rektor UNPAD, Prof. Rina Indiastuti, Plt. Deputi bidang Sistem dan Strategi BNPB, Raditya Jati yang mewakili Kepala Satgas Covid 19 Indonesia, Doni Monardo; Ketua APINDO, Haryadi Sukamdani dan Ketua Masyarakat Hukum Udara, Andre Rahardian

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement