Selasa 13 Apr 2021 16:52 WIB

Kemendikbud Pilih 359 Desa Ikuti Program Pemajuan Kebudayaan

Kemendikbud gandeng Kemendes untuk gelar Program Pemajuan Kebudayaan

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, program Pemajuan Kebudayaan akan bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT).
Foto:

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Restu Gunawan mengatakan 359 desa ini dipilih berdasarkan sejumlah kriteria. Beberapa kriteria tersebut antara lain adalah desa yang berada di sekitar cagar budaya nasional, desa yang berada di sekitar warisan budaya tak benda, desa di titik jalur rempah, dan desa tertinggal dan berkembang yang datanya berasal dari Kemendes-PDTT.

Perwakilan komunitas Eksotika Desa, Panji menjelaskan program ini seperti melepas dahaga masyarakat desa untuk berbicara banyak tentang budaya di desanya. Program serupa, kata dia sudah dilakukan di kawasan situs manusia purba Sangiran dan menghadapi beberapa kendala.

Awalnya, masyarakat merasa tidak yakin jika budaya yang ada di desa tersebut bisa diungkap kembali dan memberikan manfaat kepada mereka. Namun ketika masyarakat diberi kesempatan dan didampingi untuk mengenali budayanya sendiri, mereka merasa termotivasi.

 

"Terus terang, kumpulan arus globalisasi karena tidak ada filternya semuanya hanyut ke sana. Semuanya berorientasi membuat desanya menjadi kota. Ini yang menjadi permasalahan. Karena banyak sekali nilai-nilai kebudayaan yang ada di desa itu masih mengakar kuat," kata Panji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement