Rabu 07 Apr 2021 05:16 WIB

Pemprov Sulsel Siapkan Rp 100 M Bangun Bendungan di Bone

Plt gubernur harap anggaran dapat digunakan dan diserap sebelum Mei 2021.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kanan)
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan tahun 2021 ini menyiapkan bantuan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk kelanjutan pembangunan dua bendungan di Kabupaten Bone. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendorong agar anggaran Rp100 miliar untuk Bendungan Waru-Waru dan Lalengrie itu bisa digunakan dan diserap secepatnya sebelum Mei 2021.

Ia juga mengingatkan pentingnya sinergitas dalam pembangunan terutama sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional. "Ini menjadi mata air yang mengalir untuk anak cucu kita," ujarnya saat menghadiri peringatan Hari Jadi ke-691 Bone di Ruang Paripurna Arung Pallaka di Kantor DPRD Bone, Selasa (5/4).

Baca Juga

Ia menjelaskan selain untuk bendungan, Pemprov Sulsel juga menyediakan anggaran untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN), sehingga total bantuan anggaran yang disiapkan bagi Pemkab Bone pada tahun ini berjumlah Rp200 miliar. Pria yang akrab disapa Andalan ini juga meminta desa-desa agar APBDes pada kegiatan padat karya. Demikian juga kabupaten kota untuk bersinergi dalam penanggulangan Covid-19 dalam pelaksanaan PPKM skala Mikro. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa program yang sudah dilaksanakan akan dilanjutkan. 

Ia juga minta masukan dari Bone untuk membangun Sulsel jauh lebih baik.Ia menuturkan pemerintah provinsi tetap berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan, termasuk dengan bantuan keuangan daerah. Pembangunan ini membuat akses ribuan masyarakat terbuka. Juga memotong akses jalan dari sekitar 100 km, menjadi 27 km. 

Kemudian pada tahun 2020 juga membangun Jembatan Watu dan Jembatan Solo "Bantuan keuangan untuk Bone mulai tahun 2019 kita bangun Jalan Poros Ponre - Kota Watampone dengan anggaran bantuan keuangan Rp27 miliar lebih," kata Andi Sudirman.

Sementara itu, Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi mengatakan pemerintah daerah berjuang untuk masyarakat menghadapi dampak yang timbul di tengah pandemi COVID-19. Utamanya menjaga kesehatan masyarakat, dan memastikan roda ekonomi masyarakat berjalan baik.

"Pemda harus bekerja keras menanggulangi Covid-19, menyelamatkan yang sehat, merawat yang sakit, termasuk menyalurkan bantuan bagi yang membutuhkan," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas bantuan keuangan tahun 2020 lalu. "Pemerintah Provinsi Sulsel telah menyalurkan bantuan keuangan Rp 43 miliar untuk infrastruktur jalan sepanjang 18 kilometer, dan dua unit jembatan, yakni Jembatan Watu Cenrana dan Jembatan Solo Ponre," jelasnya.

Harapan lebih dimintanya dari Pemerintah Susel, karena Kabupaten Bone merupakan kabupaten luas dibanding kabupaten yang lain di Sulsel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement