Selasa 30 Mar 2021 09:12 WIB

China Ubah Peta Timur Tengah Lawan Dominasi AS

China akan membangun aliansi dengan negara-negara Timur Tengah melawan AS

Bendera China dan Amerika
Foto:

Apa Peran Turki?

Di masa depan, Turki memiliki banyak keuntungan jika Iran berfungsi dengan baik sebagai penghubung yang menyediakan koneksi logistik untuk transportasi energi, perdagangan, perdagangan, dan pariwisata untuk tetangganya.

Dukungan China untuk Iran akan didasarkan pada beberapa kalkulasi. Ada aspirasi kedua negara untuk menantang Washington. 

Di Iran, pejabat negara yang lebih pragmatis melihat model China sebagai katup pengaman yang tepat, juga membayangkan peluang baru untuk sektor swasta akan memacu investasi asing yang cukup besar.

Mungkin juga karena China memandang banyak negara Arab yang secara tradisional terikat dengan Barat. China pun menemukan Iran sebagai mitra ideal dalam mempromosikan BRI. Tujuannya, termasuk menjadikan Iran jembatan untuk menghubungkan Selatan dan Barat melalui Turki dan Eropa Timur dan Tengah melalui Asia Tengah. 

Lebih lanjut, Iran berfungsi sebagai sumber energi penting, yang perlu membangun infrastrukturnya. Oleh karena itu, model Cina menemukan daya pikat dan daya tarik terbesarnya di Iran.

 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement