Selasa 30 Mar 2021 09:12 WIB

China Ubah Peta Timur Tengah Lawan Dominasi AS

China akan membangun aliansi dengan negara-negara Timur Tengah melawan AS

Bendera China dan Amerika
Foto:

Iran Masuk Lingkaran China

Karena harapan Iran untuk mencari investasi dan teknologi Barat frustrasi, kebutuhan mendesak untuk bertahan hidup membawanya ke pelukan China. China akan dengan senang hati memberikan modal sebagai sarana untuk menstabilkan fondasi ekonomi Iran.

Baik China dan Iran berharap bahwa sarana ekonomi dapat membantu meningkatkan stabilitas dan keamanan di dalam Iran dan di kawasan itu, termasuk kepada tetangganya, Pakistan dan Afghanistan. Untuk alasan itu, China tampaknya bersedia memberikan bantuan dan mempromosikan hubungan dengan Iran.

Berdasarkan rencana tersebut, Iran mungkin akan melihat masuknya besar-besaran investasi China di sektor energi, diikuti oleh infrastruktur dan proyek-proyek besar. Modernisasi perusahaan industri yang sudah usang dan peningkatan pengaturan teknis akan menjadi prioritas bagi Teheran.

Setelah menjadi peserta aktif dalam membantu Dewan Keamanan PBB sampai pada keputusan konsensual mengenai program nuklir Iran, China menyaksikan dengan cemas pencabutan perjanjian AS terhadap program nuklir Iran.

Beijing merasa sulit untuk mengakomodasi keinginan AS lebih jauh. Ia malah akan memainkan peran yang lebih substantif untuk melindungi kepentingan vitalnya di Iran. 

Draf perjanjian kerja sama 25 tahun dengan Iran, yang merupakan semacam keranjang proposal, mencerminkan betapa murah hati China bersedia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Iran.

Mungkin demi kepentingan Turki bahwa China sekarang menganggap kerja sama dengan Iran sebagai bagian substantif dari agenda BRI. Rencana kerja sama 25 tahun dengan Iran mencerminkan bahwa Timur Tengah merupakan prioritas strategis bagi China.

Ketika diberlakukan, rencana kerja sama yang mencakup dari 2020 hingga 2045 akan mencerminkan skala keterlibatan tingkat tinggi Beijing dan peningkatan partisipasi dalam mempromosikan pengembangan pelabuhan, zona perdagangan bebas, dan infrastruktur komunikasi (komponen yang akan membantu Iran menjadi penghubung logistik penting di Lanskap BRI).

Apakah Turki akan menjadi bagian penting saat China masuk Timur Tengah?

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement