Selasa 23 Mar 2021 15:41 WIB

Siap-Siap! Pendaftaran Calon ASN 2021 akan Dibuka

Pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk PNS dan pegawai pemerintah

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Pendaftaran Calon ASN 2021 Segera Dibuka
Pendaftaran Calon ASN 2021 Segera Dibuka

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi abdi negara melalui rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara atau rekrutmen CASN 2021.

Dikutip dari Ayojakarta.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun ini.

Baca Juga

"Jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya," katanya dikutip dari Setkab, Senin (22/03/2021).

Dari jumlah formasi tersebut, kebutuhan untuk guru PPPK sebanyak satu juta formasi, pemerintah pusat sebesar 83.000 formasi, dan pemerintah daerah sebesar 189.000 formasi. Rekrutmen tersebut akan dimulai April 2021.

"Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada April," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko mengatakan penerimaan CASN 2021 akan diperuntukkan pegawai negeri sipil, PPPK, dan sekolah kedinasan.

Baca juga : ‘Jika Ada yang Janjikan Lulus Seleksi ASN, Itu Bohong’

Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Kedelapan instansi tersebut adalah:

1. Kementerian Hukum dan HAM

2. Kementerian Keuangan

3. Kementerian Dalam Negeri

4. Kementerian Perhubungan

5. Badan Intelijen Negara (BIN)

6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

7. Badan Pusat Statistik (BPS)

8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK nonguru, dan CPNS pada Mei 2021 atau Juni 2021.

"Jika ada informasi terbaru terkait dengan jadwal ataupun proses seleksi CASN, akan kami sampaikan melalui website resmi Kementerian PANRB," tutur Teguh.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement