Selasa 16 Mar 2021 15:06 WIB

Pandemi, Resesi, dan Kerja Bersama Bangkitkan Ekonomi

Diperlukan kerja bersama bangkitkan ekonomi di era pandemi Covid-19

Diperlukan kerja bersama bangkitkan ekonomi di era pandemi Covid-19. Pedagang kaki lima di Malioboro, Yogyakarta (ilustrasi)
Foto:

Bersama bangkitkan ekonomi   

Dalam situasi yang serba sulit seperti saat ini, mereka yang mengerahkan daya pikir dan tenaganya dengan menacri ruang sempit peluang akan menjadi bagian dari bangkit dari keterpurukan massal. Tugas dan tanggung jawab di atas memang berat.

Tidak mungkin pemerintah sebagai kepanjangan tangan negara mendapat beban tunggal. Harus ada kolaborasi dan partisipasi seluruh elemen bangsa. Selain perhatian pada UMKM dan pemulihan sektor riil, tentu upaya menjaga daya beli masyarakat dengan pendistribusian bantuan sosial (Bansos) secara cepat dan tepat sasar menjadi keniscayaan. 

Lain daripada itu, paket kebijakan ekonomi seperti insentif pajak bagi pelaku usaha terdampak juga harus secara cepat dilakukan.Pemerintah juga harus menggenjot bagaiaman komoditas layak ekspor dimanajemen secara maksimal.Selain pemerintah terus berusaha menggenjot paket kebijakan ramah investasi.Muara dari itu semua adalah terbukanya lapangan kerja bagi jutaan penganguran baru yang terus bertambah. 

Berbagai ulasan pendekatan kebangkitan ekonomi menghadapi Covid-19 akan menjadi utopis jika pencegahan penyebaran dan vaksinasi Covid-19 tidak dijalankan secara cepat, efektif dan terukur. Sederhananya, data Senin (15/3/2021 yang menyebutkan 1,42 juta kasus Covid-19 dan 38.426 orang meninggal karenanya harus benar-benar dihentikan oleh seluruh elemen bangsa.  

Rute kebangkitan ekonomi dan berbagai pendekatan untuk segera menjadi negara mandiri di tengah pandemi sudah banyak dianalisa oleh berbagai kalangan. Paket kebijakan ekonomi pun sudah diupayakan sedemikian rupa oleh pemerintah. 

Kita semua seluruh masyarakat harus melenyapkan sifat saling menyalahkan dan menuntut sana sini. Pemerintahnya amanah dengan menjalankan berbagai paket kebijakannya dan masyarakat berpartisipasi aktif mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk bangkit. 

Jawaban dari menghadapi pandemi Covid-19 ini adalah bagaimana kita memetik hikmah ekonomi dengan berlomba-lomba dalam mengupayakan sebuah negara yang berdaulat secara ekonomi.Muaranya adalah bagaimana memberi manfaat seluruhnya bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.    

 

 

*Ketua Bidang OKP PB PMII dan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Trisakti  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement