Selasa 16 Mar 2021 15:30 WIB

Goa Pacualan, Destinasi Wisata Baru di Agam

Di Goa Pacualan, terdapat tiga goa dengan ukuran yang berbeda.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM -- Kabupaten Agam memiliki satu destinasi wisata baru untuk menjadi pilihan bagi wisatawan. Destinasi wisata itu adalah Goa Pacualan. Goa ini terletak di Baluka Matua, Jorong Gumarang II, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan.

"Kami sedang menggandeng Disparpora Agam, dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada di Nagari III Koto Silungkang," kata Wali Nagari III Koto Silungkang, Doni Cendra, Selasa (16/3).

Baca Juga

Doni menjelaskan hal unik dari goa ini adalah, di sekitar lokasi  terdapat tiga goa dengan ukuran yang berbeda. Antara goa pertama dan kedua berada di posisi atas dan di bawah. Goa yang ketiga terdapat aliran sungai di dalamnya.

Menurut Doni, Goa Pacualan berpotensi menarik minat wisatawan. Terutama wisatawan yang punya minat terhadap geografi.

Ketua LPMN Nagari III Koto Silungkang, Maradona mengatakan biasanya wisata alam hanya menawarkan satu pemandangan saja, seperti, keindahan goa atau air terjun saja. Tapi di Goa Pacualan ini, bisa didapatkan kedua- duanya, yaitu keindahan stalakmit dan stalaktit serta terdapat aliran sungai kecil.

Saat ini LPMN Nagari III Koto Silungkang telah membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) agar dapat memaksimalkan potensi dan mengembangkan destinasi wisata yang ada. Ia berharap dengan geliat dan majunya pariwisata, juga akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di nagari.

“Selain itu, yang terpenting adalah, Goa Pacualan ini bisa menjadi wisata alternatif bagi dunsanak yang pulang kampung saat lebaran nanti,” ucap Maradona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement