Selasa 16 Mar 2021 14:02 WIB

Danone Indonesia-IPB Resmikan Taman Kehati Telaga Inspirasi

Kolaborasi dilakukan guna melestarikan flora dan fauna endemik lokal terancam

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Danone Indonesia dan IPB Resmikan Taman Kehati Telaga Inspirasi, Selasa (16/3)
Foto: Danone Indonesia
Danone Indonesia dan IPB Resmikan Taman Kehati Telaga Inspirasi, Selasa (16/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danone Indonesia melalui Nutricia bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) meresmikan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) Telaga Inspirasi IPB-Nutricia yang terletak di kampus IPB Darmaga, Bogor pada Selasa (16/3). Kolaborasi ini dilakukan guna melestarikan flora dan fauna endemik lokal yang terancam punah sekaligus membawa misi pemenuhan kebutuhan pangan sehat dan akses air bersih.

Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno secara daring. Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial KLHK, Asep Sugiharta mengatakan taman kehati merupakan salah satu alternatif efektif untuk memulihkan ekosistem.

“Taman kehati juga dapat meningkatkan keanekaragaman hayati lokal dan mendukung konservasi flora dan fauna di luar kawasan hutan,” kata Sugiharta dalam siaran pers yang diterima.

Taman Kehati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia memiliki luas total 14 hektare. Beragam jenis hewan langka akan tinggal di sana seperti kucing kuwuk, garangan, tupai kekes, burung cekakak, dan bajing kelapa. Untuk floranya ada pohon aprika, pohon kenari, pohon karet, pohon karet kebo, aneka jenis bambu, dan pohon mahoni.

Sementara danau air tawar di taman juga diisi oleh beberapa jenis ikan. Danau bisa menjadi sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari makhlup hidup di sekitarnya. Saat ini, danau telah mencukupi kebutuhan air bersih bagi 30.000 sivitas akademik IPB.

CEO of Danone Specialized Nutrition Indonesia, Connie Ang mengatakan taman kehati meurpakan bagian dari program Sembilan Tujuan Jangka Panjang, yakni melestarikan dan memperbarui sumber daya planet melalui kehidupan di air dan di darat. Upaya ini juga bagian dari kontribusi dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB tahun 2030.

“Ini sejalan dengan visi One Planet, One Health untuk membawa kesehatan sebanyak mungkin ke masyarakat melalui nutrisi dan hidrasi sehat maupun program berkelanjutan,” kata dia.

Rektor IPB, Arif Satria menyebut kehadiran Telaga Inspirasi merupakan bentuk perhatian dan kepedulian IPB dan Nutricia terhadap kelestarian alam dan lingkungan. “Kami berharap Telaga Inspirasi dapat menjadi sarana edukasi, sarana rekreasi masyarakat umum dan kolega-kolega dari IPB, dan meningkatkan kepedulian masyarakat,” ujar dia.

Program ini lanjut dia sebagai kelanjutan kerja sama antara IPB dan Danone. Sebelumnya, mereka telah berkolaborasi dalam pembentukan Panduan Isi Piringku untuk anak usia 4 sampai 6 tahun hingga panduan GESID terkait gizi dan kesehatan reproduksi bagi remaja.

Peneliti Nutrasetikal IPB, Nancy Dewi Yuliana menuturkan taman kehati memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Misal, dalam kesehatan, taman kehati menyediakan aset ketahanan pangan, meningkatkan aksesibilitas pangan bernutrisi, menyediakan air bersih, dan memberikan jasa ekosistem.

“Sementara dalam kaitannya dengan produktivitas, taman kehati dapat dimanfaatkan sebagai penyedia energi alternatif yang ramah lingkungan dan menjadi sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan ekowisata,” ucap dia.

Operation Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Azmin Hasmat menjelaskan program Taman Kehati Telaga Inspirasi IPB-Nutricia merupakan bentuk dukungan Danone Indonesia dan IPB terhadap pemerintah setempat. Sebab, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan setiap kabupaten/kota memiliki taman kehati pada 2023.

“Untuk mendorong usaha penyelamatan sumber daya alam yang ada, perlindungan lingkungan dan pengelolaan sumber daya membutuhkan sinergi yang terus menerus sehingga hak setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat dapat terpenuhi,” tutup dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement