Senin 08 Mar 2021 11:07 WIB

Jokowi Minta BPPT Jadi Otak Pemulihan Ekonomi

Indonesia saat ini membutuhkan teknologi untuk pemulihan ekonomi nasional.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi
Foto:

Karena itu, Jokowi meminta agar BPPT menyiapkan strategi akuisisi dari luar yang sangat bermanfaat dan bisa diimplementasikan secara cepat.

“Teknologi yang kita butuhkan untuk pemulihan ekonomi nasional mungkin saja belum diproduksi di dalam negeri. Jadi strategi akuisisi teknologi dari luar negeri menjadi kunci percepatan pembangunan ekonomi kita,” jelas dia.

Presiden mengingatkan, agar BPPT membuat kerjasama produksi teknologi di Indonesia dengan melibatkan para teknolog, bukan hanya sekedar membeli teknologi dari luar. Dengan begitu, maka akan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman.

Ketiga, Presiden meminta agar BPPT mampu menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia. Saat ini, berbagai negara di dunia tengah bersaing dalam menguasai Artificial Inteligent (AI). Untuk menghadapi persaingan dalam menguasai AI, BPPT diminta agar mampu memproduksi teknologinya sendiri.

“Ini tolong BPPT sinergikan talenta-talenta diaspora, peneliti-peneliti di universitas, start up teknologi, dan anak-anak muda yang sangat militan. Bangun mesin AI induk yang bisa memfasilitasi gotong royong antar inovator dan peneliti,”ucap Jokowi.

 

Jokowi pun berharap, BPPT mampu memfasilitasi kecerdasan komputer dan kecerdasan manusia untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement