Kamis 04 Mar 2021 19:08 WIB

Ini Alur Vaksinasi Covid-19 untuk 21,5 Juta Lansia

Lansia terlebih dahulu mendaftar daring atau instansi untuk dapat vaksinasi Covid-19

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) di lingkungan Kelurahan Sunter Jaya nampak melakukan registrasi ulang untuk pendaftaran vaksinasi covid 19 di SD Negeri 01, 03 dan 05 Sunter Jaya Jakarta Utara, Kamis (4/3).  Warga lansia sangat antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 ini. Foto: darmawan/republika.
Foto:

Berikutnya setelah pendaftaran akan masuk ke meja dua yang memakan waktu yang lama karena dilakukan skrining. Kadir menambahkan, jawaban yang sudah diisi dalam formulir akan kembali ditanyakan petugas, kemudian dilakukan wawancara, mulai dari kondisi kesehatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan tensi, pemeriksaan suhu dan sebagainya kemudian ada skrining kerentanan dan apabila layak dilakukan vaksinasi. 

Setelah itu lansia masuk di meja 3 yaitu vaksinasi dilakukan dan tidak akan memakan waktu yang lama karena  umumnya 1 menit sudah selesai. 

Usai dari meja 3, dia menambahkan, observasi dilakukan di meja 4 adalah pencatatan dan pengawasan. 

"Apa yang harus diawasi adalah kalau terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) atau terjadi reaksi lanjutan setelah vaksinasi. Biasanya observasi dijalanibselama 30 menit karena sertifikat vaksin tidak akan keluar sebelum 30 menit, sistemnya sudah dikunci," ujarnya.

Untuk semakin memudahkan vaksinasi, ia menyebutkan Kemenkes bekerja sama dengan aplikasi kesehatan Halodoc dan aplikasi transportasi Gojek meluncurkan vaksinasi drive thru untuk kelompok senja. Ia menjelaskan, orang tua dijemput naik mobil dan tanpa turun dari mobil dilakukan pemeriksaan pendaftaran, vaksinasi, tetap dalam mobil selama 30 menit observasi, kemudian jika tak ada reaksi baru diizinkan kembali ke tempat. 

 

"Alurnya tidak berbeda dengan profesi yang lain yang juga menerima vaksinasi, termasuk juga tenaga kesehatan baru-baru ini," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement