Kamis 04 Mar 2021 19:08 WIB

Ini Alur Vaksinasi Covid-19 untuk 21,5 Juta Lansia

Lansia terlebih dahulu mendaftar daring atau instansi untuk dapat vaksinasi Covid-19

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) di lingkungan Kelurahan Sunter Jaya nampak melakukan registrasi ulang untuk pendaftaran vaksinasi covid 19 di SD Negeri 01, 03 dan 05 Sunter Jaya Jakarta Utara, Kamis (4/3).  Warga lansia sangat antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 ini. Foto: darmawan/republika.
Foto: REPUBLIKA
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) di lingkungan Kelurahan Sunter Jaya nampak melakukan registrasi ulang untuk pendaftaran vaksinasi covid 19 di SD Negeri 01, 03 dan 05 Sunter Jaya Jakarta Utara, Kamis (4/3). Warga lansia sangat antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19 ini. Foto: darmawan/republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sebanyak 21,5 juta kelompok lanjut usia (lansia) jadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap dua sejak 17 Februari 2021 lalu. Lansia harus mendaftarkan diri lewat situs yang disiapkan Kemenkes secara dalam jaringan (daring) yang diharapkan Juni 2021 mendatang harus selesai.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir menjelaskan, di tahap kedua vaksinasi Covid-19, pemerintah akan memberikan vaksinasi pada 36,5 juta warga, dan 21,5 juta jiwa diantaranya merupakan penduduk kategori lansia atau yang berusia diatas 60 tahun. 

"Oleh karena itu, kami gencar-gencarnya melakukan vaksinasi pada lansia sehingga target vaksinasi bisa dipenuhi. Maksimal pada Juni 2021 sudah harus selesai," ujarnya saat mengisi konferensi virtual bertema Bibir Covid bertema Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Kamis (4/3).

Dia menjelaskan, para orang tua ini harus melakukan pendaftaran secara daring atau bisa juga melalui instansi atau organisasi dimana tempat dulu dia bekerja. Kemudian dsetelah mendaftar, dia melanjutkan, ada notifikasi lewat online kepada lansia tersebut yang memberikan jawaban dimana dan jam berapa serta kapan dilakukan vaksinasi. 

Setelah itu lansia datang ke tempat vaksinasi dan akan melalui empat meja. Kadir menyebutkan meja pertama adalah pendaftaran dan lansia menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP), namun jika tidak sesuai dengan yang tercantum maka lansia ini diarahkan ke meja 1B yaitu verifikasi data.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement