Rabu 03 Mar 2021 16:50 WIB

Wagub DKI: Corona B117 Membahayakan, Tapi tidak Mematikan

Wagub DKI meminta masyarakat yang sudah divaksin tetap menerapkan prokes ketat.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto:

Menurut Emil, temuan virus corona varian baru B117 UK ini datang dari dua warga Karawang setelah menjalani perjalanan internasional. Virus varian B117 UK, ini terdeteksi ada di Karawang.

"Dari warga karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways, sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari. Sudah dilaksanakan, tapi virusnya tidak mau hilang. Tim sedang melacak, tracing dan testing," katanya.

Emil meminta, jajaran pemerintah di Kabupaten Karawang, beserta Kapolres dan Dandim bekerja lebih keras untuk mengantisipasi penyebaran virus. Deteksi cepat sangat penting agar pengendalian bisa dilakukan secara maksimal.

"Jangan sampai kecolongan kita tidak bisa mengendalikan, mumpung masih kecil, harus segera dideteksi. Kalau telat, harga treatment-nya sangat mahal sekali,” katanya.

Adapun diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona B117, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, kini telah masuk Indonesia. Sedikitnya dua kasus terkonfirmasi B117 ditemukan di Tanah Air hingga Selasa (2/3).

"Tadi saya mendapatkan informasi menemukan mutasi B117 dari Inggris di Indonesia. Ini fresh from the oven, tadi malam ditemukan dua kasus," ujarnya saat mengisi konferensi virtual acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement