Selasa 09 Feb 2021 00:04 WIB

Dinkes DKI: Ketersediaan Tempat Tidur Meningkat

Saat ini, ruang perawatan di RS rujukan masih tersedia untuk melayani pasien.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.
Foto:

Anies mengungkapkan, tidak semua kapasitas tempat tidur yang ada di masing-masing rumah sakit rujukan digunakan untuk menangani pasien virus corona. Dia menjelaskan, sejumlah RS hanya menyediakan 50 persen tempat tidurnya untuk penanganan Covid-19.

"Misal, kalau rumah sakit itu mengonversi hanya 20 persen, artinya dari 200 (tempat tidur) ada 40 tempat tidur, bila 40 tempat tidur penuh, maka akan diumumkan penuh," jelasnya.

Anies mengatakan, saat ini, terdapat 63 persen tempat tidur di RSUD milik Pemprov DKI yang sudah digunakan untuk penanganan Covid-19. Bahkan, jelas dia, 13 rumah sakit dari total RSUD yang ada, sudah dialihfungsikan sebagai RS khusus Covid-19.

"Ketika 63 persen bukan tempat tidurnya saja kita tambah, lebih dari 1.500 tenaga kesehatan dari seluruh Indonesia," tuturnya.

Anies menambahkan, 24 persen dari total tempat tidur yang telah terpakai untuk perawatan Covid-19 yakni warga non-DKI Jakarta.

 

"Jadi kalau lihat ICU terpakai 80 persen sesungguhnya warga Jakarta 56 persen. Inilah sesungguhnya potret di Jakarta," imbuhnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement