Ahad 07 Feb 2021 17:37 WIB

Wagub Jabar Minta Warga Pangandaran Budi Daya Ikan Air Tawar

Pembudidayaan ikan air tawar dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Ikan air tawar, (ilustrasi). Wagub Jabar minta masyarakat Pangandaran melakukan budidDaya ikan air tawar.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Ikan air tawar, (ilustrasi). Wagub Jabar minta masyarakat Pangandaran melakukan budidDaya ikan air tawar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, menabur 150 ribu benih ikan di Kawasan Green Canyon, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, akhir pekan ini. Uu berharap masyarakat sekitar Green Canyon dapat menjaga kebersihan lingkungan agar benih ikan dapat tumbuh dan berkembang biak.

Jika itu dilakukan, nantinya benih ikan tersebut dapat menjadi pangan bagi masyarakat. Selain itu, Uu mendorong masyarakat sekitar Green Canyon untuk membudidayakan ikan air tawar. Menurutnya, selain sektor pariwisata, pembudidayaan ikan air tawar dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Baca Juga

"Kenapa tidak ditambah kesibukan masyarakat dengan air tawar dengan berbagai cara. Diberi pelatihan, mungkin nanti bisa diberi modal, nanti ikan bisa dijual ke rumah makan yang ada di sini," ujar Uu.

"Di samping jadi nelayan, membudidayakan ikan air tawar di rumah masing-masing dapat menambah pendapatan," imbuhnya.

Uu mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar intens meningkatkan perekonomi perdesaan di Jabar. Hal itu dilakukan untuk memangkas ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan.

Apalagi, kata Uu, desa-desa di Jabar memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

"Perkembangan ekonomi penting, tapi meratanya ekonomi, lebih penting. Kemajuan ekonomi penting, tapi keadilan peluang ekonomi jauh lebih penting," katanya.

Maka, kata dia, Pemda Provinsi Jabar terus berusaha memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada di wilayah Jawa Barat. SDA dan SDM dipadukan untuk wilayah Jawa Barat supaya lebih hebat lagi.

Sementara menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar Hermansyah,  penaburan benih ikan bertujuan untuk menjaga ekosistem lingkungan dan memperkuat ketahanan pangan, khususnya ikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement