Senin 01 Feb 2021 16:58 WIB

4.321 Orang Daftar Jadi Relawan Puskesmas di Jabar

Pemprov Jabar mencari 500 relawan Puskesmas yang akan ditempatkan di 100 tempat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Puskesmas. Ilustrasi
Foto:

Emil mengatakan, jumlah Puskesmas di Jabar saat ini sekitar 1.060. Unit tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Jabar yang mencapai 50 juta jiwa. Artinya satu Puskesmas harus melayani 50 ribu jiwa.

Dari jumlah tersebut, kata dia, tidak seluruh Puskesmas bisa mendapat tambahan relawan yang bergelut dengan Covid-19. Musababnya, anggaran yang dimiliki Pemprov Jabar tidak banyak.

"Untuk 500 orang yang ada di 100 Puskemsas ini kita anggarkan Rp 80 miliar. Harapannya ada dukungan dari pak Menkes (Kementerian Kesehatan) agar programnya bisa untuk 1.000 Puskesmas," kata Emil.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi langkah Pemprov Jabar merekrut relawan untuk pelaksanaan 3T dari Puskesmas. Fasilitas layanan kesehatan tingkat pertama ini bisa memiliki peran di hulu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Para relawan Puspa diharap bisa berperan dalam penyampaian informasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat, sehingga mereka mampu menjaga agar lebih telaten menjaga diri dari paparan virus.

"Jadi ada dua hal strategi yang menjadi peran Puskesmas. Pertama, mendidik masyarakat melakukan 3M. Kedua, melakukan pelacakan, pengetesan, dan imbauan isolasi kepada mereka yang terpapar tapi tidak berat (kondisi badannya)," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement