Jumat 29 Jan 2021 23:43 WIB

Mensos dan Menko PMK Tinjau Penyaluran BST Warga Solo

Ada 60.511 KPM penerima BST di Kota Solo

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (kiri) bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini (kedua kiri) meninjau proses penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sembako e-Warung KUbe di Kampung Gulon, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/1/2021). Dalam kunjungannya ke Solo,  Menko PMK bersama Mensos meninjau sejumlah penyaluran bantuan sosial tunai dan mengunjungi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Soeharso.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (kiri) bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini (kedua kiri) meninjau proses penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sembako e-Warung KUbe di Kampung Gulon, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/1/2021). Dalam kunjungannya ke Solo, Menko PMK bersama Mensos meninjau sejumlah penyaluran bantuan sosial tunai dan mengunjungi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Soeharso.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) bagi warga Solo yang terdampak pandemi Covid-19, Jumat (29/1).

Penyerahan bantuan sosial dilaksanakan di kantor Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres. Totalnya, ada 700 keluarga penerima manfaat (KPM) dari Kelurahan Jebres yang menerima BST pada hari tersebut.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial (Kemensos), Asep Sasa Purnama, mengatakan, Bantuan Sosial Tunai disalurkan melalui PT Pos Indonesia dengan dana Rp 300 ribu per bulan per KPM. BST diberikan selama empat bulan mulai Januari-April 2021.

Data penerima manfaat BST di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 1.197.789 KPM di 35 Kabupaten/kota dengan jumlah bantuan sebesar Rp 359,33 miliar. Khusus Kota Solo ada 60.511 KPM penerima BST yang tersebar di lima kecamatan dengan total bantuan sebesar Rp 18,15 miliar. Bantuan untuk Kecamatan Jebres sebanyak 15.554 KPM dengan total dana sebesar Rp 4,66 miliar terbagi pada 10 kelurahan. Sedangkan untuk Kelurahan Jebres ada 3.552 KPM dengan total dana sebesar Rp 1,06 miliar.

"Pada hari ini sejumlah kurang lebih 700 KPM akan menerima BST, yang berasal dari Kelurahan Jebres. Penyaluran BST telah dilakukan sejak pagi hari dengan mematuhi aturan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir," terang Asep.

Selain BST, Kemensos juga menyalurkan Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BPNT) program sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) selama pandemi Covid-19.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, menjelaskan, bantuan sosial tunai bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan/atau rentan yang terkena dampak wabah Covid-19. Bansos tunai tersebut akan disalurkan kepada 10 juta KPM tersebar di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Penyaluran bantuan sosial diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement