Jumat 29 Jan 2021 14:42 WIB

Tingkatkan Testing dan Tracing, DKI Luncurkan 3 Mobil Lab

Mobile Lab PCR Test Covid 19 BSL 2 ini merupakan laboratorium kesehatan bergerak.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Pemprov DKI bekerja sama dengan Human Initiative yang menggandeng Nama Foundation dan Ai Labs untuk membuat trobosan berupa Mobile Laboratorium Polymerase Chain Reaction Test (PCR) Covid-19 dengan Biosafety Level (BSL) 2.
Foto:

Untuk diketahui, Mobile Lab PCR Test Covid 19 BSL 2 ini merupakan laboratorium kesehatan bergerak yang dilengkapi dengan peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan memiliki standar BSL-2. Sehingga dapat mengecek apakah seseorang telah terinfeksi virus Covid-19 dengan estimasi waktu empat jam per sampel pasien. Hasil pengecekan dapat diketahui oleh pasien paling lambat 1x24 jam.

“Dengan adanya Mobile Lab PCR Test berstandar BSL-2 ini diharapkan dapat membantu para tenaga kesehatan dalam pengecekan Covid-19 di Masyarakat, dan agar mempermudah menjangkau ke Wilayah Zona Merah di DKI Jakarta,” kata Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative. 

Dikatakannya, akan ada 3 unit mobil container beserta alat-alat pendukung seperti PCR kit, seperangkat alat lab, hingga pengoperasian mobilnya. "Mobile Lab berstandar BSL-2 ini merupakan yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO)," ujarnya.

Selanjutnya, ketiga Mobile Lab ini akan mengerjakan sampel tes usap (swab) dari RSUD Tanah Abang, Puskesmas Tanah Abang dan sekitarnya, RSUD Koja, Puskesmas Koja dan sekitarnya, RSUD Budi Asih, Puskesmas Kramat Jati dan sekitarnya, sekaligus melayani pemeriksaan sampel swab untuk follow up pasien perawatan di RSUD tersebut. Kemudian, juga melakukan tracing kontak erat yang digelar di puskesmas yang berada di wilayah setempat.

 

Selain itu, Mobile Lab ini pun akan dimanfaatkan untuk keperluan medis lainnya, seperti riset biologi, dan pengujian klinis. Bahkan analisis untuk epidemik Hi-Risk virus seperti A-H1N1 Swine Flu, H5N1 AVIAN Flu/Bird Flu, FMD, TB, Salmonella dan lain sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement