Kamis 28 Jan 2021 19:47 WIB

Momentum Memajukan Ekonomi Umat Lewat Berjamaah

Konsep berjamaah diharapkan mendorong pertumbuhan BSI demi perkuat ekonomi umat

Irfan Syauqi Beik, pengamat Ekonomi Syariah FEM IPB
Foto:

Dalam konteks perbankan syariah, berjamaah itu hendaknya ditunjukkan baik pada sisi funding, dengan menabung dan meningkatkan saldo rekening kita di bank syariah bersama-sama, maupun pada sisi financing, dimana kita memanfaatkan produk-produk pembiayaan syariah untuk memperkuat pengembangan bisnis syariah. Juga pada pemanfaatan produk layanan dan jasa lainnya. 

Dengan konsep berjamaah (kolaborasi) yang dijalankan ini, diharapkan dapat membantu mempercepat upaya BSI untuk masuk ke dalam kelompok sepuluh bank syariah terbesar di dunia. Saat ini, bank syariah dengan aset terbesar nomor 10 di dunia menurut The Asian Banker, adalah Bank Rakyat Malaysia, yang memiliki total aset hingga RM 109,62 miliar (Rp 381,44 triliun) per Desember 2019.

Artinya, untuk menembus 10 besar diperlukan sinergi bersama seluruh komponen umat, agar total aset BSI yang ada bisa melebihi total aset Bank Rakyat Malaysia dan bank-bank syariah global lainnya. Bank Rakyat Malaysia, yang didirikan pada tahun 1954 ini pada awalnya adalah bank konvensional yang kemudian dikonversi menjadi bank syariah pada tahun 2002 lalu, dan mencatatkan perkembangan yang positif hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement