Selasa 26 Jan 2021 19:33 WIB

9.160 Vaksin Tiba di Kota Bogor untuk Penyuntikan Kedua

Penyuntikan kedua vaksin Sinovac di Bogor akan dilakukan pada Kamis (28/1).

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas mengangkat vaksin COVID-19 dari PT Bio Farma di Gudang Logistik Vaksin, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/1/2021). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di tujuh daerah mulai Kamis (28/1) mendatang yaitu Kota Bandung, Bekasi, Kota Bogor, Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.
Foto:

Dia menambahkan, penyuntikan kedua dilakukan untuk mempercepat proses pembentukan antibodi. "Karena vaksin Sinovac ini, vaksin mati, jadi vaksinasi pertama untuk merangsang terbentuknya antibodi, vaksin kedua untuk mengakselerasi pembentukan antibodi," jelas Erna.

Meski membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk membentuk antibodi. Namun, Erna mengungkapkan rata-rata membutuhkan waktu dua bulan untuk penerima vaksin agar memiliki antibodi yang sempurna untuk melawan Covid-19. Dia menegaskan, setelah menerima vaksin, bukan berarti tutbuh kebal dari penularan virus.

"Itulah kenapa kita harus mengedukasi masyarakat jangan sampai salah kaprah, kalau sudah divaksin sudah kebal, itu tidak. Jadi vaksinasi ini tidak mencegah orang tertular, kalau saya sudha divaksin bukan berarti tidak tertular. Tapi ketika saya tertular saya sudah punya tentara antibodi didalam tubuh, sehingga saat virus masuk antibodi langsung bekerja agar gejala tidak berat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement