Selasa 26 Jan 2021 18:15 WIB

BEM STMIK Jayakarta Tanggapi Polri Presisi Komjen Sigit  

BEM STMIK Jayakarta menyampaikan catatan untuk Komjen Pol Sigit

BEM STMIK Jayakarta menyampaikan catatan untuk calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Foto:

Sebelumnya, dalam pemaparan makalah berjudul: 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi' saat fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1), Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo menjelaskan konsep Polri Presisi merupakan fase lebih lanjut dari Polri Promoter (PROfesional, MOdern, dan TERpercaya) yang telah digunakan pada periode sebelumnya dengan pendekatan pemolisian berorientasi masalah atau problem oriented policing. 

Dalam kepemimpinan Polri presisi, kata dia, ditekankan pentingnya kemampuan pendekatan pemolisian prediktif (predictive policing) agar Polri mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui analisis berdasarkan pengetahuan, data, dan metode yang tepat sehingga dapat dicegah sedini mungkin. 

Sementara itu, responsibilitas dan transparansi berkeadilan menyertai pendekatan pemolisian prediktif yang ditekankan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab, dan berkeadilan. 

Peta jalan transformasi Polri presisi itu diturunkan dalam empat bagian utama, yaitu Transformasi Organisasi; Transformasi Operasional; Transformasi Pelayanan Publik; dan Transformasi Pengawasan. 

Supardi berharap, dengan Polri presisi, Komjen Sigit bisa menjadikan Polri institusi penegak hukum yang bekerja tulus mengabdi sebagai alat negara bukan alat kekuasaan.  

"Harapan kami lainnya, Komjen Sigit bisa menjadikan Polri semakin dekat dengan rakyat. Kami optimis beliau bisa merubah wajah Polri yang semakin humanis dan bekerja tepat sasaran, tidak ada lagi tebang pilih penegakan hukum, kekerasan, rekening gendut polisi nakal, pelanggaran HAM dan citra buruk Polri lainnya," demikian Supardi.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement