Selasa 26 Jan 2021 15:19 WIB

Menarget Kualitas SDM untuk Indonesia Maju

Kita perlu mengedepankan kepentingan pendidikan yang lebih luas dan mendasar.

Pendidikan Gratis (ilustrasi)
Foto:

Pendekatan Humanistik

Kemendikbud membuat rancangan proritas program Merdeka Belajar tahun 2021 ini berfokus pada delapan hal. Adapun delapan prioritas itu adalah optimalisasi bantuan pembiayaan pendidikan; digitalisasi sekolah; pembinaan prestasi, talenta, dan karakter peserta didik; melakukan pendidikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Selanjutnya, yaitu peningkatan kurikulum dan asesmen; revitalisas pendidikan vokasi; realisasi program Kampus Merdeka; serta pemajuan kebudayaan dan bahasa.

Delapan prioritas itu cukup kompleks dan saling berkaitan satu sama lain. Upaya Mendikbud untuk membina prestasi, talenta, dan karakter peserta didik adalah menjadi tugas pokok dalam rangka mencapai target sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.

Namun, hal itu perlu disadari sebagai tanggung jawab bersama. Karena sejatinya, pendidikan sebagai upaya pembangunan karakter dan ruang peserta didik mencapai tujuan pendidikan paling mendasar.

Dengan begitu, konsekuensi berikutnya adalah Kemendikbud beserta pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, dinas setempat, dan pihak sekolah tidak hanya menjalankan tugas struktural semata. Di sini, penting sekali dihadirkan upaya-upaya pendekatan humanistik. Agar menjadi kesadaran bersama bahwa pendidikan ini bertujuan menciptakan manusia yang sesungguhnya. Prestasi, talenta, dan karakter bisa dijadikan acuan sederhana, bagaimana proses pendidikan itu bisa menjadi wadah para peserta didik untuk berkembang dan berdaya saing.

Dengan paradigma humanistik yang melekat pada proses pendidikanlah kegiatan belajar dan mengajar (KBM) yang sedianya dilakukan secara jarak jauh atau secara virtual, tidak lagi fokus pada beban pelajaran. Melainkan, fokus pada pembentukan kualitas sumber daya manusia yang unggul secara intelektual, moral, dan sosial. Luaran seperti inilah yang kita dambakan bersama untuk memajukan bangsa dan kehidupan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement