Senin 25 Jan 2021 02:30 WIB

Peneliti: Anak Muda Perlu Lebih Melek Energi Terbarukan

Anak muda diharap dapat berperan aktif dalam pengembangan energi terbarukan.

Ilustrasi.
Foto:

Dia menambahkan akselerasi pengetahuan dan promosi energi terbarukan secara masif dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis pengalaman sebagai bagian dari program Kampus Merdeka yang digagas Kemendikbud.

"Tujuannya, untuk meningkatkan keilmuan dan keterampilan mahasiswa, yaitu dalam bentuk magang atau praktik kerja pada perusahaan berbasis energi terbarukan," katanya.

Selain itu, kata dia, dapat juga dilakukan melalui penelitian atau riset bersama industri untuk pengembangan inovasi energi terbarukan, proyek kemanusiaan berbasis energi terbarukan dan kegiatan wirausaha berbasis energi terbarukan.

Selain itu, bisa juga melalui studi independen berbasis energi terbarukan, membangun desa atau KKN tematik berbasis energi terbarukan hingga pertukaran pelajar untuk penguatan bidang energi terbarukan secara lintas bidang.

"Hal ini untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan perguruan tinggi yang merupakan pembelajar sejati yang kompeten, lentur dan ulet serta siap berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan menjadi warga dunia yang produktif," katanya.

Peningkatan SDM bidang energi terbarukan, kata dia, juga sangat diperlukan untuk mendukung ketersediaan energi terbarukan yang sangat melimpah di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement