Jumat 22 Jan 2021 21:04 WIB

TPU Srengseng Sawah Buka Lahan Baru Pemakaman Pasien Covid

TPU Srengseng Swah menyiapkan lahan kurang lebih 1,2 hektar untuk pemakaman Covid-19.

Petugas yang mengenakan APD bersiap membawa peti berisi jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (21/1/2021). TPU Srengseng Sawah yang baru sepekan dibuka untuk pemakaman dengan protokol COVID-19 dan menyediakan 541 liang lahat hampir penuh karena tingginya jumlah kematian akibat COVID-19.
Foto:

Kasatpel Zona 15 TPU Srengseng Sawah, Sutandyo menyebutkan, daya tampung TPU Srengseng Sawah hampir penuh. Hingga Jumat siang, hanya tersisa 15 liang lahat Covid-19 dari 560 kapasitas makam.

"Kapasitas makam untuk sekarang 560 makam dan sampai kemarin sore closing sudah terpakai 530 (petak makam)," kata Sutandyo.

Sutandyo menambahkan, jika ada kiriman jenazah lagi makan kapasitas makam yang tersisa akan penuh. "Sisa 30 makam, hari ini sudah masuk 15 jenazah. Kalau 15 lagi masuk berarti selesai," ujar Sutandyo.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji sempat mengecek kondisi TPU Srengseng Sawah pada Ahad (17/1). Saat itu sedang ada kegiatan pengerukan menggunakan alat berat milik Sudin Sumber Daya Air.

Menurut Isnawa, Sudin SDA dan Sudin Pertamanan bersinergi menggali titik lahan lahan kosong di TPU Srengseng Sawah untuk pemakaman Covid-19. Melihat tingginya angka kasus Covid-19, berkurangnya jumlah rawat inap di rumah sakit, serta jumlah pemakaman yang semakin sempit, Isnawa kembali mengingat masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Perketat lagi protokol kesehatan, selain 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, tolong jangan berkerumun, acara kumpul-kumpul dan tetap di rumah, kita lihat rumah sakit sudah penuh, tenaga kesehatan kita kewalahan," kata Isnawa.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement