Jumat 22 Jan 2021 18:46 WIB

Brand Fashion Asal Bandung Ubah Strategi Kala Pandemi Covid

Pandemi Covid-19 sepanjang 2020, berpengaruh signifikan terhadap bisnis.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
 Industri Fashion terimbas pandemi Covid 19.
Foto:

Dari pengalamannya, kata dia, ada sejumlah hal yang menjadi kunci dalam beradaptasi. Beberapa di antaranya adalah menguasai ekosistem daring yang memiliki pasar lebih luas. 

Selain itu, pelajari sistemnya, karena harus dipikirkan biaya iklan untuk promosi, konten dan lain sebagainya. Kemudian, tentukan target market dan harus tahu selera pasar dan perbanyak relasi. Poin terakhir, khusus anak muda kalu bisa harus punya mentor yang punya pengalaman.

“Ya saya optimistis lah industri kreatif, industri fashion tetap bisa berkembang,” katanya.

Saat ini, kata dia, pemerintah sedang mendorong pelaku UMKM berkembang dengan berbagai program termasuk bantuan modal.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, banyak masyarakat berinovasi melakukan kegiatan ekonomi. Secara langsung hal tersebut membuka peluang kerja.

“Banyak (kegiatan ekonomi yang terbentuk). Rekrutmen tenaga kerja bisa tetap dilakukan karena ternyata usaha mereka bagus, order ada terus,” katanya.

 

“Pada dasarnya kami memberikan apresiasi dan memberikan semangat bagi masyarakat yang tetap optimistis dan terus berinovasi di tengah pandemi,” imbuhnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement