Kamis 21 Jan 2021 09:17 WIB

Kelapa Hijau Bisa Netralkan Vaksin Covid-19? Cek Faktanya

Sejak masuk tahun 2021, sejumlah hoaks terkait vaksin COVID-19 terus beredar

23 ribu vaksinator siap lakukan vaksinasi Covid-19
Foto:

Hoaks-hoaks lain mengatakan vaksin COVID-19  mengandung bahan berbahaya dan tidak halal. Faktanya, Majelis Ulama Indonesia menyatakan bahwa vaksin COVID-19 adalah halal dan suci. Sedangkan BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi mengimbau masyarakat untuk menanyakan dan memperoleh informasi resmi terkait vaksin COVID-19 dari sumber yang ditunjuk pemerintah. 

Saat ini, ada lima juru bicara untuk menjawab segala hal berkaitan vaksin COVID-19.

Kelima juru bicara tersebut adalah Prof. Wiku Bawono Adisasmito yang merupakan juru bicara dari satuan tugas penanganan COVID-19. Wiku menyampaikan aspek ilmiah terkait vaksin COVID-19, dan korelasinya dengan pengendalian COVID-19.

Ada pula dokter Reisa Broto Asmoro, yang merupakan duta adaptasi kebiasaan baru satuan tugas penanganan COVID-19. Reisa akan menyampaikan informasi terkait perilaku hidup sehat yang berbasis pencegahan, termasuk imunisasi atau vaksinasi.

Ketiga adalah Siti Nadia Tarmizi, juru bicara Kementerian Kesehatan, yang akan menyampaikan informasi terkait kebijakan, program vaksinasi, serta hubungan dan perizinan vaksin.

Keempat, juru bicara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andolusia. Lucia yang akan memberikan tanggapan untuk isu terkait perizinan, keamanan, khasiat, serta mutu vaksin.

Kelima adalah juru bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto. Dia akan menerangkan sisi logistik dan pendistribusian vaksin di seluruh Indonesia.

Dedy Permadi juga mengimbau agar segala aspek pemberitaan di media massa mengenai vaksin COVID-19 juga merujuk pada pernyataan dari kelima juru bicara yang telah ditunjuk itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement