Kamis 21 Jan 2021 09:17 WIB

Kelapa Hijau Bisa Netralkan Vaksin Covid-19? Cek Faktanya

Sejak masuk tahun 2021, sejumlah hoaks terkait vaksin COVID-19 terus beredar

23 ribu vaksinator siap lakukan vaksinasi Covid-19
Foto:

Terdapat pula berita bohong kelapa hijau sebagai penawar vaksin. Kabar hoaks itu tersebar di media sosial Facebook.

Kabar itu lantas dibantah oleh Humas Polda Kalteng melalui Instagram resminya. 

Menurut Humas Polda Kalteng, klaim air kelapa hijau dapat menetralkan atau menjadi penawar vaksin tidak dapat dibuktikan. Tidak ada penelitian yang membuktikan air kelapa dapat menetralkan atau mengganggu fungsi vaksin.

Di samping berita bohong, ada pula disinformasi mengenai vaksinasi COVID-19 menyebabkan seseorang pingsan di Nusa Tenggara Timur.

Pada Senin (18/1), muncul video di Facebook dengan narasi seorang warga pingsan usai mendapatkan vaksin COVID-19 di NTT.

Faktanya, video yang beredar tersebut merupakan simulasi vaksinasi COVID-19 di halaman Kantor Gubernur NTT, di Kupang. Kementerian Kesehatan juga menyatakan belum mendapatkan laporan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) usai vaksin COVID-19 di NTT.

Hoaks lain terkait vaksin yaitu saat Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin COVID-19 produksi Sinovac.

Salah satu kabar bohong itu menyatakan Presiden Jokowi tidak diberikan vaksin COVID-19, tapi suntik vitamin.

Ada pula hoaks yang mengatakan vaksin untuk Presiden Jokowi berbeda dengan vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat. Padahal, vaksin yang diberikan kepada Presiden Jokowi dan untuk masyarakat pada tahap pertama vaksinasi sama saja produksi Sinovac.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement