Selasa 19 Jan 2021 17:11 WIB

Kemenhub akan Bangun Terminal Tipe A Bobotsari

Renovasi Terminal Bobotsari menjadi tipe A, akan mendapat kucuran Rp 40 miliar.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi
Foto:

Terminal Bobotsari yang baru, rencananya akan dibangun di lahan seberang jalan raya dari lokasi terminal yang ada sekarang. Bangunan terminal dan ruang tunggu penumpang yang akan dibangun, berupa bangunan dua lantai.

Selain itu, di kompleks terminal juga akan dibangun kios-kios pedagang. ''Rencananya akan disediakan 89 kios. Namun untuk tahap awal, akan dibangun 40 kios dulu,'' katanya.

Bupati menyebutkan, lahan yang digunakan untuk bangunan baru Terminal Bobotsari ini, merupakan lahan Pemkab yang terdiri dari empat bidang. ''Dari empat bidang tanah tersebut, yang tiga bidang sudah diserahterimakan dari Pemkab Purbalingga ke Kemenhub. Yang satu bidang sedang pensertifikatan, kalau sudah selesai juga akan kami serah terimakan ke Kemenhub,'' katanya.

Dalam video conference tersebut, Bupati juga meminta agar Kemenhub bisa membantu alat pengujian kendaraan bermotor dan instrumen alat kelengkapan jalan. ''Alat pengujian kendaraan bermotor ini kami perlukan mengingat Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga  akan ditingkatkan statusnya menjadi Akreditasi A oleh Kemenhub,'' katanya.

Selain itu, Bupati juga meminta agar Kemenhub bisa memberi bantuan empat unit bus umum. Bus ini dibutuhkan sebagai bus feeder (pengumpan)  penumpang dari Terminal Type A Bobotsari dan Terminal Type B Purbalingga yang menuju Bandara JB Soedirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement