Selasa 19 Jan 2021 17:11 WIB

Kemenhub akan Bangun Terminal Tipe A Bobotsari

Renovasi Terminal Bobotsari menjadi tipe A, akan mendapat kucuran Rp 40 miliar.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Bus AKAP menunggu penumpang di terminal. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kementerian Perhubungan memastikan akan membangun  terminal Bobotsari yang berada di sisi utara Kabupaten Purbalingga. Dengan adanya kegiatan pembangunan  ini, maka  terminal Bobotsari akan ditingkatkan statusnya menjadi terminal tipe A.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Selasa (19/1) mengatakan kepastian akan dibangunnya terminal Bobotsari, diperoleh dari keterangan yang disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi. Dalam video conference bersama jajaran Pemkab Purbalingga, Dirjen menyatakan kegiatan renovasi Terminal Bobotsari menjadi tipe A, akan mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 40 miliar dalam dua  tahun anggaran.

Baca Juga

''Anggaran tahap I sebesar Rp 15 miliar sudah dikucurkan pada akhir tahun 2020. Dana tersebut, digunakan untuk pekerjaan persiapan, pembongkaran bangunan lama, membuat pondasi tiang pancang dan pekerjaan struktur lantai I,'' katanya.

Sedangkan untuk tahun 2021, akan dikucurkan anggaran sebesar Rp 25 miliar. Anggaran tersebut, digunakan untuk pekerjaan lanjutan meliputi pembangunan struktur lantai II, struktur atap, MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing), Interior, Pengadaan dan Pemasangan Furnishing, Pengadaan dan Pemasangan Sistem Informasi dan Digitalisasi.

Bupati menyambut baik kegiatan renovasi ini. Sebab, Terminal Bobotsari yang sudah ada sekarang merupakan salah satu terminal tujuan dan pemberangkatan penumpang yang cukup ramai. Jumlah kedatangan/keberangkatan bus AKAP mencapai 30 bus per hari, angkutan AKDP mencapai 40 bus, angkudes sebanyak 367 unit, dan angkot sebanyak 50 unit per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement