Senin 18 Jan 2021 17:06 WIB

Lonjakan Kasus Covid dari Klaster Keluarga Pascalibur Nataru

Satgas Covid-19 telah memprediksi fenomena lonjakan kasus pascalibur nataru.

Gugus Tugas RW 003 Kelurahan Pondok Labu merapikan tempat tidur yang akan digunakan untuk isolasi mandiri di Gedung Sasana Krida Karang Taruna, di Jalan Bango III , Pondok Labu, Jakarta, Senin (18/1). Gugus COVID-19 RW 003, Kelurahan Pondok Labu menyipakan Gedung Sasana Krida Karang Taruna sebagai tempat isolasi mandiri untuk warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan fasilitas lima tempat tidur. Gedung isolasi ini akan digunakan untuk antisipasi apabila Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan penuh.Prayogi/Republika.
Foto:

Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, sebab kasus penyebaran Covid-19 aktif saat ini mencapai 1.000 lebih. Klaster keluarga diduga menjadi salah satu penyumbang terbesar tambahan kasus baru Covid-19.

"(Kenaikan) pascaliburan, klaster keluarga, kunjungan antarteman, keluarga dan antardaerah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, Senin (18/1).

Menurut Ahyani, jumlah kasua Covid-19 di Kota Bandung mengalami lonjakan pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proposional. Selain itu, peningkatan kasus Covid-19 karena dampak peningkatan pemeriksaan laboratorium termasuk dilakukan tracing.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna menambahkan, kasus kumulatif Covid-19 di Kota Bandung mencapai 7.062 kasus. Terdiri dari 1.135 kasus positif aktif, kasus pasien sembuh 5.764 dan pasien meninggal dunia sebanyak 163 kasus.

"7.062 konfirmasi (kumulatif), penambahan 119. 1.135 (aktif) penambahan 58 sudah mencapai angka satuan ribu aktif makanya hati-hati," ujarnya.

Ia menyebut peningkatan kasus Covid-19 salah satunya disebabkan upaya surveilans yang dilakukan seperti testing dan tracing. Oleh karena itu, peningkatan kasus Covid-19 terjadi bagian konsekuensi dari pengetesan masif yang dilakukan.

"Meningkat terus naik," katanya. Ema menambahkan, sejauh ini di Kota Bandung belum terdapat kasus Covid-19 dengan jenis baru."

photo
Klaster keluarga Covid-19 - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement