Senin 18 Jan 2021 14:03 WIB

Risma Tegaskan Pihaknya Sudah Gerak Cepat Tangani Bencana

Sejak bencana terjadi, Kemensos langsung turun ke lapangan.

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Foto:

Salah satu wilayah yang terdekat dengan kantor BBPPKS Banjarmasin adalah Desa Malintang, Kabupaten Banjar. Kini, sebanyak 130 orang jiwa telah dievakuasi untuk diberikan tempat penampungan sementara sampai kondisinya memungkinkan untuk bisa kembali ke tempat tinggal masing-masing.

"Bantuan logistik kami pastikan disiapkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyintas," Yahya menambahkan. 

Bersama itu juga bekerja Tim Layanan Dukungan Psikososial BBPPKS Banjarmasin memberikan bantuan bagi warga di shelter pengungsian, terutama bagi orang tua dan anak-anak.

"Tentu saja, dengan tetap melaksanakan protokol Covid-19, BBPPKS melakukan reaksi cepat atas kondisi terkini Kalimantan Selatan sekaligus upaya pengembangan peran BBPPKS dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial,"  kata Yahya. 

Gerakan cepat juga ditunjukkan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) "Budi Luhur" Banjarbaru. Balai "Budi Luhur" juga  memfungsikan satu asrama menjadi posko darurat bencana banjir. 

Hingga ini, tercatat ada sebanyak 22 warga penyintas bencana banjir dari wilayah Martapura mengungsi di posko darurat bencana banjir, terdiri atas dua orang lanjut usia (lansia), 10 orang suami istri, tiga orang remaja, serta tujuh anak-anak dan bayi.

"Saat ini, bagi para penyintas sudah mendapatkan layanan pengecekan kesehatan, bantuan pakaian layak pakai, serta makanan atau logistik selama berada di posko," kata Kepala Balai Herry Pawoko. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement