Jumat 15 Jan 2021 17:15 WIB
...

Covid-19 Depok, Positif Tambah 325 Orang, Meninggal 6 Orang

Total pasien positif Covid-19 di kota Depok sudah mencapai 21.083 orang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.
Foto:

Saat ini Kota Depok masih berstatus zona merah siaga satu Covid-19. Untuk mengatasi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang melaksanakan pemberian vaksin Covid-19 gratis.

"Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak dipungut biaya. Jadi, pemberian vaksin gratis," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Jumat.

Selain itu, lanjut Novarita, warga juga diminta tak perlu khawatir dengan rumor vaksin berbahahya. "Vaksin yang akan disuntikkan secara massal telah melalui tahap penelitian yang ketat dan teruji. Jadi, kalau menolak, kalau kata saya malah rugi," terangnya.

Menurut Novarita, selama dan setelah penyuntikan vaksin Covid-19 tidak ada rasanya. "Sebelum divaksin, dilakukan penapisan atau screening dengan ketat. Setelahnya, efek samping yang rutin terjadi usai vaksinasi apa pun juga akan dipantau oleh fasilitas kesehatan," jelasnya.

Novarita menambahkan, penerima vaksin Covid-19 akan memperoleh kartu yang menyatakan bahwa sudah disuntik vaksin, plus nomor yang dapat dihubungi apabila muncul gejala setelah vaksinasi. "Warga yang sudah divaksin akan mendapat kartu sudah disuntik vaksin yang dapat digunakan pengganti rapid test antigen untuk perjalanan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement