Rabu 13 Jan 2021 16:10 WIB

Penyintas Covid-19, Anies dan Ariza tak Jadi Sasaran Vaksin

Sasaran utama penerima vaksin tahap awal di Jakarta adalah para tenaga kesehatan.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti.
Foto:

Selain itu, sambung dia, kriteria lainnya yang harus dipenuhi oleh calon penerima vaksin adalah tidak memiliki gangguan hipertensi pada masalah penyakit kronis. Kemudian, tidak sedang melakukan terapi dalam jangka panjang yang menurunkan imunitas, atau tidak memiliki penyakit autoimun tertentu.

Adapun rentang usia calon penerima vaksin Covid-19 sesuai dengan persyaratan, yakni 18 hingga 56 tahun. Widyastuti menyampaikan, sasaran utama penerima vaksin tahap awal di Jakarta adalah para tenaga kesehatan.

Dia menambahkan, sesuai kebijakan pemerintah pusat, ada keterwakilan berbagai unsur, termasuk tokoh masyarakat pada proses vaksinasi tahap pertama. Tujuannya, untuk memberikan contoh kepada masyarakar agar tak perlu takut menerima vaksin Covid-19.

Meski demikian, dia enggan merinci nama-nama tokoh yang akan divaksinasi pada tahap awal nanti. "Kami masih memastikan dulu untuk pencanangan nanti, jadi nanti tanggal 15 tunggu saja, karena ada kriteria, secara garis besar mulai dari birokrat, organisasi masyarakat, organisasi profesi, seperti itu," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menerima vaksin Sinovac sebanyak 120.040 dosis dan akan disuntikan dua kali kepada 60 ribu tenaga kesehatan di Ibu Kota pada Jumat, 15 Januari 2021. Rentang waktu penyuntikan vaksin pertama dan kedua, yakni dua pekan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement