Selasa 12 Jan 2021 09:37 WIB

Berbahayakah Pesawat Tua Ketika Diterbangkan?

Kecelakaan pesawat harus dilihat dari berbagai faktor, tidak hanya usia pesawat.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah penyelam TNI AL menarik
Foto:

Vincent pun menilai, pesawat berusia 26 tahun yang digunakan Sriwijaya Air tidak bisa disimpulkan sebagai penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Pasalnya, terjadinya kecelakaan pesawat harus dilihat dari berbagai faktor.

Ia mengatakan, banyak pesawat tua yang dirawat dengan baik, sehingga ketika akan diterbangkan, pesawat tersebut bekerja dengan baik. Pesawat biasanya sudah memiliki rekomendasi atau program perawatan kapan harus diperiksa dan dipastikan bisa terbang.

"Track record Sriwijaya Air dari tahun-tahun lalu, mereka menggunakan pesawat mulai dari 737 Classic, sekian lama belum pernah kejadian. Banyak juga pesawat walaupun baru itu juga ada yang kejadian. Jadi, kita tidak bisa mempermasalahkan dari umur pesawat," lanjutnya.

Berdasarkan aturan pemerintah KM 115 Tahun 2020 terkait batas umur pesawat, disebutkan bahwa batas usia pesawat yang didaftarkan dioperasikan untuk pertama kali di wilayah Indonesia, ialah maksimum 20 tahun untuk kategori transportasi. Pesawat selain kategori transportasi ialah maksimum 25 tahun. Sementara, pesawat kargo akan mengikuti limitasi dari manufaktur.

Vincent menambahkan, pesawat bisa digunakan selama manufaktur mengizinkan pesawat itu untuk dioperasikan. Karena itu, menurutnya, usia pesawat tidak menjadi masalah selama pesawat tersebut memiliki perawatan yang baik.

"Pesawat tua atau muda selama dirawat dengan baik, maka pesawat itu bisa diterbangkan. Hanya saja, perawatan pesawat muda tidak seekstrem pesawat tua," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement