Senin 11 Jan 2021 17:13 WIB

Amien Rais Sebut Listyo akan Ditunjuk Jadi Kapolri

Prediksi Amien disebutnya berdasarkan logikanya sebagai pengamat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Indira Rezkisari
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Foto:

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya hingga kini belum menerima surat Presiden terkait Kapolri pengganti Idham Azis yang akan pensiun pada awal Februari mendatang. Meskipun lembaga legislatif itu sudah tak lagi pada masa reses. "Sampai hari ini DPR belum menerima surat dari presiden mengenai calon Kapolri," ujar Dasco.

DPR, kata Dasco, hingga saat ini masih berada dalam posisi menunggu. Jika Presiden Joko Widodo sudah mengirim nama yang akan menjadi Kapolri, DPR akan langsung melaksanakan mekanisme uji kelayakan atau fit and proper test.

"Kami dalan posisi menunggu saja dan apabila surat tersebut sudah sampai tentunya kami akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku," ujar Dasco.

Ia juga mengatakan, DPR belum mengetahui informasi jadwal pengiriman surpres dari Jokowi. Termasuk nama calon Kapolri yang akan disodorkan untuk menggantikan Idham Azis. "Tapi tentunya Presiden akan menghitung mengenai persyaratan surat harus masuk sebelum batas waktu Kapolri yang sekarang pensiun, itu ada aturannya berapa hari," ujar Dasco.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement