Sabtu 09 Jan 2021 13:37 WIB

Mewujudkan Kesalehan Sosial

Kesalehan sosial bisa dicapai melalui zakat

Ilustrasi Zakat. Kesalehan sosial bisa dicapai melalui zakat
Foto:

Kemiskinan tidak mungkin dihilangkan. Karena, ia adalah sunnatullah. Ada sebagian yang kaya, ada pula sebagian yang miskin. Namun demikian, tugas kita adalah bagaimana bisa meminimalisir angka kemiskinan dan menaikan kualitas kemiskinan.

Jika sampai hari ini acuan yang dipakai adalah pendapatan di bawah 2 dolar AS per hari untuk kategorisasi miskin, maka harusnya bisa dinaikkan angkanya menjadi 3 atau 4 dolar per hari. Jadi, bukan hanya jumlah orang miskinnya yang perlu direduksi, namun standard kemiskinannya juga perlu dinaikkan. Dengan demikian, meski masuk kategori miskin, namun secara umum memenuhi standard hidup layak. 

 

Cita-cita di atas bisa dicapai dengan mewujudkan kesalehan sosial. Zakat adalah instrumen utama untuk mewujudkannya. Islam tidak hanya menghendaki umatnya saleh secara individual, namun juga saleh secara sosial. Pandemi covid-19 yang masih berlanjut dan belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, menjadi momentum tepat untuk mengaktualisasikan dan mewujudkan kesalehan sosial.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement