Sabtu 09 Jan 2021 13:37 WIB

Mewujudkan Kesalehan Sosial

Kesalehan sosial bisa dicapai melalui zakat

Ilustrasi Zakat. Kesalehan sosial bisa dicapai melalui zakat
Foto:

Pertama, zakat merupakan pembersih harta yang tersisa setelah dikeluarkan zakatnya. Harta yang kita peroleh sejatinya merupakan rezeki dari Allah. Di dalamnya, Allah menitipkan rezeki untuk fakir miskin. Karenanya, ada hak fakir miskin yang harus dikeluarkan. 

Jika tidak dikeluarkan, sama dengan kita memakan hak fakir miskin. Tegakah kita memakan hak mereka yang sangat membutuhkan? Nilai Rp 250 ribu (nilai zakat dari Rp 10 juta) sangat berarti bagi fakir miskin. Ketika kita tetap memakan hak mereka, sejatinya bukan harta yang kita makan, melainkan bara api yang akan memenuhi perut kita.

Sementara, jika kita mengeluarkannya, itu artinya kita telah membersihkan harta kita. Harta yang kita konsumsi tidak lagi bercampur dengan hak fakir miskin. Maka, harta itu halal, suci, dan baik. Harta yang halal, suci, dan baik, insya Allah akan menjadi nutrisi yang baik bagi tubuh dan mendatangkan keberkahan. Salah satunya kesehatan.

Kedua, zakat merupakan penyucian jiwa bagi diri kita. Manusia memiliki potensi sifat kikir atau bakhil. Jika dibiarkan, potensi kikir akan menguat dan mengakar. Seseorang akan terbelenggu jiwanya oleh kekikiran. Kesibukannya hanya mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya (QS. 104: 2).

Karenanya, potensi kikir mesti dikikis atau bahkan dimatikan melalui zakat. Hukum zakat yang wajib memaksa kita untuk mengeluarkan harta yang cenderung membuat kikir. Ketika zakat ditunaikan dengan konsisten, maka insya Allah akan mengikis dan menghilangkan sifat kikir. Dengan demikian, jiwa menjadi tersucikan dari kikir dan sifat-sifat tercela lainnya.

Paradigma di atas mesti terus diedukasikan dan disampaikan kepada umat Islam untuk menumbuhkan kesadaran berzakat. Bisa dibayangkan bila potensi zakat Rp 230 triliun dapat terealisasi, ini angka yang besar untuk program-program pemberdayaan fakir miskin agar menjadi berdaya. Pada akhirnya, akan terwujud kesejahteraan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement