Jumat 08 Jan 2021 10:33 WIB

Abu Bakar Baasyir Sengaja Dijemput Lebih Pagi

Semula penjemputan ABB akan dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Mantan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir keluar dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur menggunakan mobil di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/1). Abu Bakar bin Abud Ba’asyir alias Abu Bakar Ba’asyir bebas dari penjara pada hari ini, dia telah menuntaskan 15 tahun masa pidananya atas tindak pidana terorisme. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Selain itu, pihak penjemput yang terdiri atas keluarga dan tim pengacara juga melampirkan surat hasil swab test. “Alhamdulillah pada saat dibebaskan, bawaan bahagia dalam kondisi sehat. Pihak keluarga dan tim pengacara juga sudah memberikan kepada kita hasil swabnya negatif,” tuturnya.

Sementara itu, kedatangan pendukung Abu Bakar Baasyir yang sempat dikhawatirkan akan mengakibatkan kerumunan, tidak terjadi. Sebab, kata Rika, pihak Ditjenpas, Lapas Gunung Sindur, Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), serta pihak tim pengacara dan keluarga sudah membuat imbauan jauh-jauh hari sebelum penjemputan Abu Bakar Baasyir pada Jumat (8/1).

 

Tak hanya itu, lanjutnya, Lapas Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Densus 88 Anti Teror, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), serta kepolisian setempat seperti Polres Bogor dan Polsek Gunung Sindur. “Hal ini sebenarnya bukann pengamanan berlebihan, tapi kita mengantisipasi risiko terjadinya ada gangguan, termasuk kerumunan,” pungkasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement