Kamis 07 Jan 2021 15:23 WIB

'Pelabuhan Patimban Bisa Kalahkan Shanghai dan Singapura'

Pelabuhan Patimban berskala internasional dan mampu menyediakan peti kemas 7,5 teus.

Rep: Iit Septyaningsih / Red: Agus Yulianto
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan paparan saat Public Expose Pelabuhan Patimban di Jakarta, Kamis (7/1/2021). Kementerian Perhubungan menargetkan Pelabuhan Patimban akan selesai seluruhnya di tahun 2027 dengan kapasitas peti kemas sebesar 7,5 juta TEUs.
Foto:

Pembangunan pelabuhan Patimban ditargetkan selesai pada 2027 mendatang. Namun, Budi yakin bisa lebih cepat. "Insya Allah dengan niat baik, bisa lebih maju. Sebab potensinya luar biasa," tuturnya. 

Menurut dia, dibangunnya pelabuhan itu dapat memperlancar arus barang. Sekaligus mengurangi biaya logistik dan beban kendaraan barang di jalan raya. 

Pelabuhan Patimban juga dirancang guna memperkuat Pelabuhan Tanjung Priok. "Tanjung Priok sudah terlalu penuh," ujar dia. 

Sebaga informasi, Pelabuhan Internasional Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Nilai investasinya sebesar Rp 43,2 triliun di area seluas 369 hektare dan lahan cadangan 356 hektare.

 

Pembangunan proyek dikerjakan dalam empat tahap pembangunan. Tahap pertama telah selesai dan diresmikan pada 20 Desember 2020 oleh Presiden Joko Widodo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement