Selasa 05 Jan 2021 16:55 WIB

Kampus Gandeng Industri, Jokowi: Jangan Berhenti di Paten

Pandemi Covid-19 memberi peluang bagi seluruh warga kampus untuk lebih berinovasi.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi
Foto:

"Harus dilanjutkan dengan jalinan kerja sama untuk memperkuat hilirisasi hasil riset dan inovasi itu, melalui kolaborasi antara universitas dengan dunia industri," kata Jokowi. 

Kepada civitas academica Unibraw, Jokowi juga berpesan agar para dosen serta mahasiswa tidak terjebak dalam rutinitas pendidikan yang monoton. Pandemi Covid-19, ujar presiden, memberi peluang bagi seluruh warga kampus untuk lebih banyak berinovasi. Menurutnya, budaya berkreasi di perguruan tinggi harus terus dikembangkan dan difasilitasi. 

"Pendidikan harus dilakukan dengan cara baru. Mahasiswa harus difasilitas agar bisa belajar kepada siapa saja. Bisa belajar kepada siapa saja. Belajar kepada pelaku industri, bisa. Belajar kepada wirausahawan, silakan. Belajar kepada praktisi pemerintahan, baik. Dan belajar kepada para pelaku lapangan lainnya," katanya. 

 

Menurutnya, keterlibatan praktisi dalam pendidikan di kampus tidak sekadar memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa, tetapi juga membuka peluang kolaborasi untuk penelitian dan pengembangan teknologi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement