Senin 04 Jan 2021 06:13 WIB

Perjalanan di Titik Persimpangan: Catatan 28 Tahun Republika

Republika tetap mengafirmasi berbagai terobosan teknologi.

Halaman muka Koran Republika.
Foto:

Oleh : Irfan Junaedi, Pemimpin Redaksi Republika

Persimpangan jalan dihadapi media massa saat bertemu pada pilihan tetap bertahan dengan nilai-nilai dan asas kerja jurnalisme atau mengikuti tren berebut harta karun berupa kerumunan. Untuk bisa menggabungkan keduanya, adalah bukan pilihan mudah. Republika tetap mengafirmasi berbagai terobosan teknologi dengan landasan niat menyehatkan ruang informasi publik.

Jadi, di manakah posisi Republika? Hingga memasuki usia 28 tahun, Republika tetap terus menegakkan prinsip-prinsip jurnalisme. Kredibilitas dan kemaslahatan informasi adalah pilihan di tengah persimpangan jalan, meski terkadang kurang populer. Namun, dengan pilihan tersebut Republika sangat ingin menjalankan fungsi edukasi publik dengan informasi yang menyehatkan, mendamaikan, menumbuhkan semangat, serta membangun nilai-nilai positif lainnya.

Apalagi, dalam tekanan pandemi seperti sekarang ini, informasi yang menumbuhkan optimisme sangatlah penting bagi masyarakat. Kungkungan ketakutan akibat pandemi menjadi beban tersendiri. Informasi kredibel yang menumbuhkan perasaan lebih optimistis diharapkan bisa menjadi sumbangan dalam memperkuat daya tahan individu maupun sosial.

Selain dengan atsmosfer yang positif, ujian pandemi ini juga harus dihadapi dengan kebersamaan dan kekompakan seluruh elemen bangsa. Republika menyediakan diri sebagai jembatan yang bisa menjalankan fungsi merekatkan seluruh komponen bangsa dalam derap langkah maju melalui semua rintangan, termasuk deraan Covid-19.

Republika masih jauh dari sempurna untuk bisa dikatakan telah menjalankan misi tersebut dengan baik. Dukungan, nasihat, kritik, saran, dan doa dari semua pihak sangatlah diharapkan untuk menyempurnakan langkah media yang membawa warna kebangsaan dan keumatan ini.

Berbagai penghargaan dan capaian selama ini, tidak pernah lepas dari dukungan dan doa semua pemangku kepentingan Republika. Ini adalah hasil kerja bersama, yang juga harus dijaga bersama-sama. Terima kasih atas semua doa dan dukungan, dirgahayu Republika!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement