Jumat 01 Jan 2021 16:37 WIB

Solo Siapkan 4 Skenario Hadapi Peningkatan Kasus Covid-19

Solo telah mencatat 4.660 kasus Covid-19

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nur Aini
Petugas medis mengambil sampel lendir penumpang bus untuk tes usap atau Swab Antigen di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020). Pemeriksaan swab antigen pemudik penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru.
Foto:

Selanjutnya, skenario keempat, berupa peningkatan kapasitas kabupaten sekitar. DKK akan melakukan koordinasi dengan kabupaten sekitar untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit di daerah masing-masing. Selama ini, rumah sakit di Solo banyak merawat pasien rujukan dari kabupaten sekitar. "Kondisi saat ini rumah sakit di kabupeten sekitar ruang isolasinya sedikit, bahkan tidak punya ruang ICU. Semua masuk ke sini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bung Karno, Wahyu Indianto, menyatakan RSUD Bung Karno masih mampu untuk menerima pasien Covid-19. Selain melayani pasien Covid-19, rumah sakit yang berada di kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon tersebut juga masih melayani pasien umum.

"Kalau terpaksa, saya masih bisa nambah kapasitas 40 persen untuk pasien Covid-19, 15-an bed saya masih mampu," jelasnya.

Terkait tenaga kesehatan, Wahyu mengatakan RSUD Bung Karno beberapa waktu lalu sudah merekrut relawan sebanyak 64 orang. Relawan tersebut terdiri dari tenaga medis, paramedis, maupun tenaga pendukung. Selain itu, RSUD Bung Karno juga mendapatkan tenaga kesehatan dari perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 sebanyak 64 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement