Jumat 01 Jan 2021 14:10 WIB

Pembelajaran Tatap Muka Masih Tunggu Petunjuk Teknis

Dinas pendidikan tidak mau ambil risiko terkait pembelajaran tatap muka.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Surabaya-Sidoarjo Lutfi Isa Anshori menyatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dan kebijakan pemerintah kabupaten/ kota terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang rencananya digelar Januari 2021. Ia belum bisa memastikan terkait waktu dimulainya pembelajaran tatap muka seiring terus meningkatnya kasus Covid-19 di Jatim.
Foto:

Lutfi mengatakan antara program praktek kerja lapangan dan program project work sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, jika dalam praktek kerja lapangan siswa diasah kompetensi dan keahlian sesuai dengan kebutuhan industri, sedangkan project work lebih ditekankan pada menghasilkan produk atau berwirausaha.

"Kalau untuk waktunya akan disesuaikan dengan project work masing-masing. Kalau prakerin kan sekitar 6 bulanan," kata dia.

Kepala SMKN 12 Surabaya Biwara Sakti Pracihara mengatakan, di sekolah yang dipimpinnya, program project work akan diterapkan untuk beberapa jurusan. Di antaranya jurusan Seni Tari dan Teater yang akan mengundang narasumber dari seniman atau yang mempunyai sanggar.

 

"Yang sudah pasti project work ini Seni Tari dan Teater. Karena memang tidak dijinkan orang tua sehingga ada beberapa kelompok yang mengundang sanggar tari di Surabaya yang bagus untuk project work. Outputnya nanti berupa produk garap tari sebagai pengganti praktek kerja lapangan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement