Senin 28 Dec 2020 05:50 WIB

DIY Perkirakan Terjadi Lonjakan Kasus Usai Libur Akhir Tahun

Di ker meningkatkan testing dan tracing serta menambah bed isolasi.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Friska Yolandha
Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY memperkirakan akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Walaupun, saat ini lonjakan kasus Covid-19 juga terus berlangsung di DIY yang kenaikannya bahkan mencapai lebih dari 200 kasus baru yang dilaporkan per harinya.
Foto:

Terkait fasilitas isolasi mandiri, Pembayun meminta gugus tugas penanganan Covid-19 di tingkat kabupaten/kota untuk menambah kapasitas isolasi. Termasuk mendorong perguruan tinggi dan pesantren di DIY agar menyiapkan shelter isolasi mandiri bagi mahasiswa dan santri, terutama yang datang dari luar DIY.

"Juga mendorong masyarakat dan berbagai mitra memfasilitasi isolasi mandiri keluarga dan menyiapkan shelter isolasi mandiri bagi warga luar DIY," tambah Pembayun.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP, Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto mengatakan, dilakukan penambahan bed isolasi sebanyak 18 bed untuk antisipasi usai libur akhir tahun. Sehingga, total bed isolasi saat ini sejumlah 74 bed dari yang sebelumnya 56 bed.

"Delapan tempat tidur didedikasikan untuk penambahan ruang isolasi critical care dan 10 tempat tidur untuk penambahan di ruang non critical. Hal ini dilakukan dengan tetap melihat situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di DIY," kata Rukmono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement