Sabtu 26 Dec 2020 15:18 WIB

Belajar Mengelola Modal Sosial dari Rasulullah dan Umar

Modal sosial sangat diperlukan untuk perang melawan pandemi seperti saat ini.

Ilustrasi Bersilaturahim
Foto:

Warga dengan modal sosial yang kuat akan mengupayakan gotong royong dalam membantu kesulitan yang dihadapi oleh warganya dalam menghadapi pandemi ini. Bantuan moril dan juga materil.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan teladan penting dalam membangun modal sosial. Kaum Muhajirin, hijrah dari Makkah menuju ke Madinah meninggalkan harta dan kekayaan mereka. Karenanya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mempersaudarakan mereka dengan kaum anshar Madinah.

Tercatat dalam sejarah, setidaknya terdapat 45 muhajirin dan 45 Anshor yang dipertemukan dan dipersaudarakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Satu Anshor menolong satu Muhajirin. Persaudaraan yang tidak didasarkan kepada ‘ashobiyah (fanatisme) kesukuan ataupun ‘ashobiyah lainnya. Persaudaraan tersebut dibangun atas dasar keimanan.

Kaum Anshor pun senang menolong kaum muhajirin, bahkan mendahulukan kebutuhan kaum muhajirin atas keperluan diri mereka. Kekuatan modal sosial yang dibangun oleh Rasulullah saw menjadi modal dasar membentuk kekuatan Umat Islam yang dapat menyebar secara luas ke seluruh jazirah Arab dalam waktu singkat.

Khalifah Umar bin Khattab ra. Juga memberikan teladan yang luar biasa dalam menghadapi krisis di kala wabah pada tahun 17-18 Hijriyah krisis yang disebabkan oleh paceklik yang berkepanjangan ditambah dengan munculhnya wabah PES/ Tha’un Amwas di Syam. Saya tidak ingin membahas detail terkait kebijakan Umar bin Khattab pada artikel ini.

Setidaknya, ada ucapan Umar bin Khattab yang perlu dicermati. Beliau berkata:

“Segala puji bagi Allah, jika Allah tidak menurunkan kelapangan terhadap krisis ini, maka aku tidak akan membiarkan satu keluarga dari kaum muslimin yang memiliki keluasan rizki melainkan aku masukkan kepada mereka sjumlah mereka dari orang-orang miskin; karena tidak terdapat dua orang yang binasa sebab makanan yang cukup bagi satu orang.”

Inilah contoh modal sosial yang ingin dibangun oleh Umar bin Khattab dalam menyelesaikan krisis. Kepedulian antar sesama. Kepedulian antara yang kaya dan yang miskin. Dengan modal sosial yang kuat, upaya memerangi pandemi akan berakhir dengan rahmat Allah SWT. Wallahu a’lam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement