Rabu 23 Dec 2020 15:22 WIB

Israel Ngebet Rangkul Indonesia

Israel disebut akan meneken perjanjian damai dengan Oman dan Indonesia bulan depan.

Pria mengenakan masker dengan gambar bendera Israel. Israel membidik Indonesia sebagai negara dengan penduduk Islam tersebar di dunia, untuk menormalisasi hubungan.
Foto:

Pejabat tinggi Israel, yang dikutip al Sharq al Awsat edisi 15 Desember 2020, memperkirakan dua perjanjian damai dengan Israel segera ditandatangani dua negara Islam lain, Oman dan Indonesia, sebelum Trump meninggalkan Gedung Putih bulan depan.

Al Sharq al Awsat adalah media internasional berbahasa Arab, bermarkas di London, milik keluarga penguasa Saudi. Menurut Ofir Akunis, pejabat tinggi Israel tadi, Wakil Presiden AS Mike Pence akan datang ke Israel untuk kunjungan perpisahan.

Dari salah satu tempat suci di Israel, kata Akunis, Wapres Pence akan mengumumkan kesediaan dua negara itu menormalisasi hubungan dengan Israel. Ia memperkirakan kunjungan Mike Pence ke Israel pada 13 Januari 2021, sepekan sebelum presiden terpilih Joe Biden dilantik.

Baca Juga: RI Dijanjikan Miliaran Dolar Jika Berhubungan dengan Israel

Akunis adalah menteri kerja sama regional Israel. Ia anggota senior partai berkuasa, Likud dan rekan dekat Netanyahu. Al Sharq al Awsat tak menjelaskan, apa yang ditawarkan Netanyahu, tepatnya Trump, andaikata Indonesia menormalisasi hubungan dengan Israel.

Imbal balik diperoleh empat negara yang menormalisasi hubungan dengan Israel, yaitu UEA, Bahrain, Sudan, dan Maroko. Sebagai presiden berlatar belakang pebisnis, Trump lebih suka melakukan pendekatan transaksional termasuk dalam politik.

Lalu tawaran apa yang diberikan Trump kepada UEA, Bahrain, Sudan, dan Maroko? Jaminan keamanan. Itu yang diberikan kepada UEA dan Bahrain, termasuk ketika AS menjual pesawat F-35 ke UEA, terutama dalam menghadapi apa yang mereka sebut bahaya Iran.

Untuk Sudan, Trump mencabut cap sebagai negara sponsor teroris dunia plus embargo ekonomi. Sementara itu, untuk Maroko, Trump mengganjarnya dengan pengakuan AS bahwa 'Sahara Barat adalah bagian dari wilayah Maroko'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement