Jumat 18 Dec 2020 17:06 WIB

Roadshow Mobile Lab BSL-2 Inovasi BPPT Hadir di Yogyakarta

Mobile Lab BSL-2 tipe bus,mendukung pelaksanaan tes swab Covid-19 yang lebih optimal

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) baru saja meluncurkan Mobile Laboratory Bio Safety Level dua (BSL-2) tipe bus.  Usai ditahbiskan operasionalnya di Graha BNPB hari Rabu kemarin (16/12), laboratorium BSL-2 yang dibangun di atas moda transportasi bus tersebut, langsung dikemudikan menuju Kota Yogyakarta.
Foto: istimewa
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) baru saja meluncurkan Mobile Laboratory Bio Safety Level dua (BSL-2) tipe bus. Usai ditahbiskan operasionalnya di Graha BNPB hari Rabu kemarin (16/12), laboratorium BSL-2 yang dibangun di atas moda transportasi bus tersebut, langsung dikemudikan menuju Kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) baru saja meluncurkan Mobile Laboratory Bio Safety Level dua (BSL-2) tipe bus.  Usai ditahbiskan operasionalnya di Graha BNPB hari Rabu kemarin (16/12), laboratorium BSL-2 yang dibangun di atas moda transportasi bus tersebut, langsung dikemudikan menuju Kota Yogyakarta.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan  Mobile Lab BSL-2 tipe bus, lebih mudah menjangkau berbagai wilayah. Hal ini dibuktikan dengan gelaran roadshow mobile lab BSL-2 tipe bus, sebagai rangkaian giat Bakti Inovasi Teknologi. 

"Sesuai dengan konsepnya yang mobile, lab BSL-2 yang dibangun di atas bus ini, menjadi sebuah breakthrough, sebuah solusi. Mobile Lab BSL-2 tipe bus, tentu lebih mudah menjangkau berbagai wilayah, untuk mendukung pelaksanaan tes swab Covid-19 yang lebih optimal," kata Hammam di Yogyakarta, Jumat (18/12).

Di area Universitas Gadjah Mada (UGM), sebut Hammam menjadi lokasi pertama kegiatan roadshow. Direncanakan kegiatan roadshow di UGM akan berlangsung sampai tanggal 19 Desember 2020, dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Provinsi Bali pada tanggal 20 Desember 2020, dan mulai melakukan pemeriksaan spesimen di Bali pada tanggal 22-24 Desember 2020. Selanjutnya pada tanggal 25, Lab Mobile BSL2 akan menuju Jombang dan melakukan aktivitas pemeriksaan pada tanggal 26-28 Des 2020

Melalui roadshow ini imbuh Hammam, juga menjadi ajang edukasi dan informasi kepada masyarakat luas tentang inovasi teknologi  lab mobile BSL-2 untuk penguatan penanganan pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Hammam menuturkan, mobile BSL2 varian bus ini dikembangkan dengan beberapa pertimbangan dan perbaikan. Pertama dengan mengusung platform bus, dimaksudkan untuk memperkuat konsep mobilitas, sehingga lebih mudah dioperasikan di beberapa lokasi atau daerah yang membutuhkan. Kedua, pada varian bus ini ada penambahan fasilitas ekstraksi RNA (metoda magnetic beads) yang dapat menggunakan reagen ekstraksi yang bervariasi.

Selain itu juga dilakukan penyempurnaan layout peralatan untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan pengujian, serta sistem mekanik touchless pada pintu agar dapat buka tutup otomatis, untuk menghindari kontaminasi.

"Mobile lab BSL-2 tipe bus, merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yang dibangun diatas trailer, dan kontainer. Kelebihan lain pada BSL-2 tipe bus ini, telah terdapat penambahan fasilitas untuk ekstraksi RNA, yang dapat menggunakan reagen yang lebih bervariasi (metoda magnetic beads) untuk menjaga keberlanjutan pengujian," paparnya.

BPPT melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Covid-19 (TFRIC-19), telah melaksanakan berbagai aksi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, dengan menekankan pada penguatan tracing, testing, detecting dan treatment. "Salah satunya adalah pengembangan dan pengoperasian laboratorium mobile lab Biosafety Level 2 untuk pemeriksaan specimen menggunakan PCR dalam rangkat testing/detecting Covid-19. Pada periode Maret – Desember 2020, BPPT pun telah berhasil melahirkan tiga tipe Mobile BSL2," kata Hammam.

Ketiga tipe tersebut yaitu, pertama adalah Mobile BSL2 tipe container.  Tipe container ini menjadi bagian dari inovasi TFRIC-19 yang diresmikan oleh Presiden RI dan telah dioperasikan di RS TNI-AD Ridwan Meuraksa sejak 16 Juni 2020, hingga saat ini.

Kedua, Mobile BSL2 tipe container + trailer. Mobile BSL2 tipe ini memiliki desain yang sama dengan tipe pertama, namun ditambahkan fasilitas trailer. "Dua unit mobile BSL2 tipe trailer telah diproduksi, dan digunakan oleh RS Pertamina Plaju Palembang, atas permintaan dan Kerjasama dengan Yayasan BUMN, dan di RS TNI Putri Hijau di Medan, atas dukungan pendanaan dari Kemenristek/BRIN," urainya.

Ketiga, Mobile BSL2 Tipe Bus merupakan fasilitas laboratorium yang memenuhi persyaratan Biosafety Level 2. Mobile Lab BSL2 tipe bus ini memiliki disain anteroom dan main room, yang dilengkapi dengan negative pressure, sistem interlock dan sistem kontrol ruangan otomatis, serta peralatan pemeriksaan specimen seperti Biosafety Cabinet, PCR Autoclave dan peralatan lainnya. "Kami berharap Mobile Lab BSL-2 tipe bus ini bisa menjadi model dan pilihan laboratorium bergerak yang dapat diperbanyak untuk ditempatkan pada beberapa lokasi atau daerah yang membutuhkan, dalam rangka meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19 di berbagai daerah," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement