Ahad 06 Dec 2020 20:44 WIB

Anies Baswedan Terpilih Jadi Wakil Ketua C40

Anies Baswedan terpilih sebagai Wakil Ketua C40 Cities.

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Tokyo Yuriko Koike terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities. Anies pun bertekad merangkul kota-kota anggota C40 melaksanakan Kesepakatan Paris.

C40 Cities merupakan organisasi yang menghubungkan 97 kota terbesar di dunia untuk bertindak mencegah perubahan iklim. 97 kota besar yang mewakili sekitar 700 juta warga dan seperempat ekonomi global itu berkomitmen untuk mewujudkan Kesepakatan Paris, yakni mengurangi emisi karbon untuk membatasi perubahan temperatur global setidaknya 1,5 derajat Celcius.

Baca Juga

Mengutip siaran pers resmi C40 Cities, Anies disebut telah berjasa mendukung Jakarta meluncurkan program  Clean Air Partnership. Program itu bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dampaknya.

Menanggapi dirinya terpilih sebagai wakil ketua, Anies bertekad merangkul kota-kota anggota C40 Cities menerapkan tindakan iklim transformatif yang mengikuti Perjanjian Paris. Ia juga menyatakan bahwa upaya tersebut telah dimulai di Jakarta.

"Perkembangan terkini (menerapkan Kesepakatan Paris) di Jakarta telah memberikan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melibatkan pemuda, sektor swasta, pemerintah pusat, dan lokal serta mitra non-pemerintah internasional," kata Anies dalam siaran pers tersebut sebagaimana dikutip Republika.co.id, Ahad (6/10).

Sedangkan Gubernur Koike telah menduduki jabatan itu sejak 2014. Ia dipilih kembali menjadi Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities karena politisi perempuan itu kembali menjabat Gubernur Tokyo. Koike adalah wanita pertama di Tokyo dan merupakan sosok yang konsisten mengatasi persoalan lingkungan di Tokyo dan seluruh Jepang.

"Sebagai anggota Komite Pengarah, saya sepenuhnya menyadari pentingnya tindakan melawan krisis iklim. Dan untuk mendorong tindakan lebih lanjut, saya akan bekerja sama dengan kota-kota anggota C40 untuk menciptakan gerakan memerangi perubahan iklim," ujar Koike.

Sebagai Wakil Ketua, Anies dan Koike akan mendukung para wali kota anggota C40 Cities bekerja bersama-sama mengatasi perubahan iklim dan pemulihan cepat dari krisis pandemi Covid-19. Adapun ketua C40 Cities saat ini adalah Wali Kota Paris Anne Hidalgo. Sedangkan Presiden Dewan C40 Cities adalah Michael R. Bloomberg, mantan Wali Kota New York City tiga periode.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement